Mengenal Aesir, Suku Dewa dari Mitologi Nordik yang Banyak Dipuja

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 22 Mei 2023 | 12:00 WIB
Aesir adalah dewa-dewi utama dalam mitologi Nordik. (Public domain)

 

Nationalgeographic.co.id—Dalam mitologi Nordik ada dua kelompok dewa, Aesir dan Vanir. Aesir adalah dewa dan dewi utama atau salah satu dari dua suku dewa yang dipuja orang-orang Nordik.

Aesir umumnya dianggap dominan dari dua kelompok. Mereka muncul dalam lebih banyak mitos, memiliki cerita yang rinci, dan sering disebut dalam catatan tertulis. Terdiri dari dewa- dewa seperti Odin, Thor, Frigg, Tyr hingga Baldr.

Aesir melambangkan aspek kekerasan alam berbeda dengan Vanir melambangkan aspek alam yang damai. Aesir mengadopsi tiga Vanir yang paling dicintai, yaitu Njörðr, Freyr, dan Freyja sehingga sering dihitung sebagai Aesir.

Aesir, khususnya pemimpin mereka Odin, bertanggung jawab atas penciptaan dunia dan umat manusia. Sementara Vanir lebih dikaitkan dengan kesuburan dan kemakmuran, Aesir adalah dewa pencipta sejati mitologi Nordik.

Asal Usul Dewa Aesir

Sementara Aesir adalah dewa Nordik yang paling terkenal, asal usul mereka agak misterius.

Banyak budaya lain, seperti Yunani dan Mesir, memberikan silsilah keluarga yang terperinci dan kisah asal usul dewa mereka. Beberapa dewa bahkan ditampilkan sebagai anak-anak dalam berbagai legenda. 

Namun, orang Nordik tampaknya tidak terlalu menekankan asal usul dewa mereka. Hanya satu sejarah keluarga dewa yang ditulis dengan jelas dalam sumber-sumber yang masih hidup.

Menurut mitos penciptaan Nordik, kekosongan Ginnungagap adalah satu-satunya yang ada antara Muspelheim dan Niflheim sebelum dunia lain diciptakan. Akhirnya, itu dipenuhi kabut yang berbentuk Ymir raksasa dan seekor sapi besar bernama Auðumla.

Auðumla menyukai es asin yang menetes dari tepi Niflheim. Dia membuat bentuk dewa pertama, Buri. Dengan cara yang tidak diketahui, Búri akhirnya memiliki seorang putra bernama Borr.

Borr menikahi Bestla, yang merupakan saudara perempuannya atau salah satu jötnar pertama yang terbentuk dari keringat Ymir. Mereka memiliki tiga putra, Odin, Vili, dan Vé. Ini adalah dewa Aesir pertama. Mereka membunuh Ymir dan menggunakan tubuhnya untuk menciptakan Midgard, dunia manusia.

Menurut Prosa Edda mitologi Nordik, pada saat manusia diciptakan untuk menghuni Midgard setidaknya ada dua dewa Aesir lainnya. Odin bergabung dengan Hoenir dan Lóðurr dalam kreasi mereka.