Fakta yang Terlupakan Seputar Sejarah Kota Athena Yunani Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 21 Mei 2023 | 10:00 WIB
Erekhteion adalah kuil Yunani kuno yang terletak di sebelah utara Akropolis di Athena sebagai tandingan dari kuil Parthenon. Ini merupakan peninggalan sejarah kota Athena Yunani kuno. (Chr Offenberg)

Nationalgeographic.co.id—Kota Athena Yunani kuno adalah salah satu yang paling penting dari sekitar 1.000 negara kota independen. Tapi seperti apa kehidupan rata-rata orang Athena? Sejarah kota Athena membuktikan hal ini tergantung pada jenis kelamin dan kelas sosial mereka. 

Sejarah Kota dalam Gender dan Seksualitas

Laki-laki Yunani tampaknya sangat misoginis. Tidak hanya di Athena, tetapi dalam masyarakat Yunani, tempat wanita terhormat yang lahir bebas berada di dalam rumah.

Mereka menerima sedikit, jika ada, pendidikan formal, tidak memiliki identitas politik atau hukum, dan tidak dapat meninggalkan rumah tanpa pengawasan.

Ini membawa kita ke seksualitas. Keinginan sebagian besar suami Yunani adalah memiliki keturunan laki-laki—lebih disukai banyak—dan istri berkewajiban untuk memenuhinya.

Laki-laki Yunani akan menganggap hubungan di luar nikah sebagai hak kesulungan mereka, sementara dengan keras menolak hak itu atas istri mereka. Salah satu ketakutan terbesar mereka adalah istri mereka akan melahirkan anak di luar nikah, sehingga merusak garis keturunan mereka.

Orang Athena yang aristokrat bahkan mungkin menganggap homoseksualitas sebagai bentuk hubungan yang lebih unggul daripada hubungan apa pun yang bisa ada antara pria dan wanita. Mungkin karena itu sering menjadi dasar untuk hubungan mentoring antara pria yang lebih tua dan yang lebih muda.

Namun, mereka tidak akan menganggap homoseksualitas sebagai orientasi permanen, tetapi sebagai fase yang berlalu dalam kehidupan seseorang. Mereka mungkin membenci pria yang berkomitmen secara eksklusif pada tindakan homoseksual.

Laki-laki di kota Athena tidak akan berpikir dua kali untuk tampil telanjang di depan laki-laki lain baik saat mereka berlatih di gimnasium atau saat mereka berkompetisi dalam kontes atletik. Faktanya, mereka akan sangat bangga dengan kurangnya hambatan mereka.

Tapi mereka tidak nyaman dengan ketelanjangan wanita. Mereka bahkan memiliki keberatan tentang wanita yang memperlihatkan wajah atau anggota tubuh mereka di depan umum.

Jadi, ketika istri atau anak perempuan mereka keluar, mereka berharap bercadar dan berpakaian lengkap sampai mata kaki.

Demikian pula, meskipun mereka tidak keberatan dengan penggambaran pahatan pria telanjang di tempat suci dan kuburan, mereka akan marah dengan penggambaran wanita telanjang.