'Zaman Es Hangat' Berperan Penting Dalam Mengubah Siklus Iklim di Bumi

By Wawan Setiawan, Kamis, 25 Mei 2023 | 11:00 WIB
Kapal penelitian Joides Resolution – di sini di pelabuhan Lisbon – telah digunakan sejak 1985 sebagai bagian dari Program Penemuan Lautan Internasional untuk pengeboran ilmiah. Inti bor yang digunakan dalam studi zaman es hangat saat ini diambil selama ekspedisi di Teluk Cádiz dan lepas pantai selatan Portugal. (André Bahr / Heidelberg University)

Nationalgeographic.co.id—Apakah Bumi menghangat dan mendingin secara alami sepanjang sejarah? Ya. Bumi telah mengalami periode dingin (secara informal disebut sebagai "zaman es", atau "glasial") dan periode hangat ("interglasial") pada siklus kira-kira 100.000 tahun setidaknya selama 1 juta tahun terakhir. Glasiasi zaman es terakhir ini memuncak sekitar 20.000 tahun yang lalu.

Selama siklus ini, suhu rata-rata global menghangat atau mendingin. Sebagian melalui upaya mereka untuk memahami apa yang menyebabkan dan mengakhiri zaman es sebelumnya, para ilmuwan iklim memahami peran dominan yang dimainkan karbon dioksida dalam sistem iklim Bumi, dan perannya dalam pemanasan global saat ini.

Sekitar 700.000 tahun yang lalu, gletser kutub berkembang pesat selama periode yang biasanya hangat dan lembab. Paradoks “zaman es hangat” ini diidentifikasi oleh tim peneliti Eropa yang menggunakan data geologis dan simulasi komputer untuk sampai pada kesimpulan ini.

"Zaman es yang hangat" ini menyebabkan perubahan besar dalam siklus iklim planet kita, dan karenanya dapat mewakili langkah penting dalam evolusi iklim planet kita, menurut Universitas Heidelberg.

Selama periode glasial, atau zaman es geologis, lapisan es besar telah terbentuk di belahan bumi utara. Sekitar setiap 100.000 tahun, Bumi bergeser antara periode glasial dan hangat yang berbeda. Tapi itu baru dimulai sekitar 700.000 tahun yang lalu.

Bunga liar alpine Dryas octopetala mekar tunggal di lembah tinggi di Pegunungan Orjen di Montenegro. Bunga tundra ini memberi namanya pada Younger Dryas, periode dingin yang secara singkat mengganggu pemanasan jangka panjang yang dimulai setelah puncak zaman es terakhir sekitar 20 ribu tahun yang lalu. (P. Cikovac, Creative Common)

Sebelumnya, Bumi memiliki siklus 40.000 tahun yang memiliki periode glasial lebih pendek dan lebih lemah. Menurut Universitas Heidelberg, perubahan siklus iklim terjadi pada periode Transisi Pleistosen Tengah, yang dimulai sekitar 1,2 juta tahun lalu dan berakhir sekitar 670.000 tahun lalu.

“Mekanisme yang bertanggung jawab atas perubahan kritis dalam ritme iklim global ini sebagian besar masih belum diketahui. Mereka tidak dapat dikaitkan dengan variasi parameter orbit yang mengatur iklim bumi. Tetapi 'zaman es hangat' yang diidentifikasi baru-baru ini, yang menyebabkan akumulasi kelebihan es benua, memang memainkan peran penting,” jelas André Bahr dalam pernyataan pers.

Bahr adalah seorang profesor di Institut Ilmu Bumi di Universitas Heidelberg dan rekan penulis makalah tentang subjek yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications pada 10 Mei 2023 bertajuk “Moist and warm conditions in Eurasia during the last glacial of the Middle Pleistocene Transition.”

Untuk menyelidiki ritme iklim Bumi, para peneliti memanfaatkan catatan iklim sampel inti bor dari Portugal dan catatan "loess" dari China. Loess mengacu pada sedimen tertiup angin yang diendapkan di darat.

Setelah memasukkan data ini ke dalam simulasi komputer, para peneliti menemukan tren pemanasan dan pembasahan jangka panjang di kedua wilayah tersebut dalam periode antara 800.000 hingga 670.000 tahun yang lalu.

Sementara periode ini sesuai dengan zaman es terakhir pada periode Transisi Pleistosen Tengah, suhu permukaan laut tampak lebih hangat daripada periode interglasial sebelumnya. Periode interglasial mengacu pada fase antara dua zaman es.