Mosasaurus Bergigi Obeng, Fosil Monster Laut Teraneh di Maroko

By Ricky Jenihansen, Minggu, 21 Mei 2023 | 14:00 WIB
Para paleontolog menyingkap mosasaurus yang memiliki gigi menyerupai obeng di Maroko. Apakah temuan ini spesies baru hewan purba ini? (Thomas Miller / Badlands Natural History Association)

 

Nationalgeographic.co.id—Para ahli paleontologi telah melaporkan penemuan fosil terbaru di Maroko, Afrika. Fosil tersebut adalah milik mosasaurus, monster laut yang hidup sezaman dengan dinosaurus.

Namun tidak seperti mosasaurus lainnya yang diketahui selama ini, penemuan fosil kali ini menunjukkan bahwa monster laut tersebut memiliki gigi bergerigi yang sangat aneh, mirip seperti obeng atau mata bor.

Penemuan fosil monster laut itu telah dijelaskan di jurnal Fossils dengan judul "Stelladens mysteriosus: A Strange New Mosasaurid (Squamata) from the Maastrichtian (Late Cretaceous) of Morocco."

Temuan ini menunjukkan bahwa monster laut mosasaurus dan reptil laut lainnya berkembang pesat hingga 66 juta tahun yang lalu, ketika mereka musnah oleh asteroid bersama dengan dinosaurus dan sekitar 90% dari semua spesies di Bumi.

Fosil ini adalah spesies baru mosasaur dengan nama ilmiah Stelladens mysteriosus, berasal dari Kapur Akhir Maroko dan berukuran sekitar dua kali ukuran lumba-lumba.

Spesies monster laut ini memiliki susunan gigi yang unik dengan tonjolan seperti bilah yang mengalir di gigi, diatur dalam pola berbentuk bintang, mengingatkan pada obeng kepala silang.

Sebagian besar mosasaurus memiliki dua gerigi bergerigi seperti pisau di bagian depan dan belakang gigi untuk membantu memotong mangsa. Namun, Stelladens memiliki empat hingga enam bilah yang mengalir di gigi.

Foto close up gigi Stelladens mysteriosus. Penemuan fosil ini menunjukkan bahwa monster laut tersebut memiliki gigi aneh. (Nick Longrich)

“Ini mengejutkan,” kata Dr Nick Longrich dari Milner Center for Evolution di University of Bath, yang memimpin penelitian tersebut.

"Ini tidak seperti mosasaurus, atau reptil apa pun, bahkan vertebrata apa pun yang pernah kita lihat sebelumnya."

Dr Nathalie Bardet, seorang spesialis reptil laut dari Museum Sejarah Alam di Paris, mengatakan: "Saya telah bekerja pada mosasaurus Maroko selama lebih dari 20 tahun, dan saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya, saya berdua bingung dan heran!"