Kaisar Xuande, Pencetus Kasim dalam Politik Kekaisaran Tiongkok

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 22 Mei 2023 | 09:00 WIB
Zhu Zhanji dihormati sebagai Kaisar Xuande atau Kaisar Xuanzong adalah raja kelima Dinasti Ming Kekaisaran Tiongkok. (China Fetching)

Nationalgeographic.co.id—Zhu Zhanji (1399-1435), dihormati sebagai Kaisar Xuande atau Kaisar Xuanzong adalah raja kelima Dinasti Ming Kekaisaran Tiongkok. Dia membawa kepada rakyatnya salah satu pemerintahan terbesar dalam sejarah dan mencetuskan untuk memasukkan kasim dalam politik Kerajaan Ming. 

Pertemuan Kaisar Xuande pada masa awal pemerintahannya sangat mirip dengan Kaisar Jianwen Zhu Yunwen, mereka semua naik takhta pada usia muda dan memiliki beberapa paman agresif yang mencoba merebut mahkota melalui perang.

Tidak seperti Kaisar Jianwen, yang tahtanya direbut oleh pamannya (Kaisar Yongle Zhu Di), Kaisar Xuande menang dan merawat pamannya dengan tegas.

Selain menjadi seorang kaisar yang luar biasa, Zhu Zhanji adalah seorang seniman berbakat dengan banyak lukisan dan puisi yang sangat bagus dan penggemar berat pertandingan kriket.

Masa Kecil

Kaisar Yongle Zhu Di (1360-1424), yang merebut takhta melalui Kampanye Jingnan, sangat mengapresiasi putra keduanya Zhu Gaoxu (1380-426), yang kuat, berani, dan sangat berjasa dalam perang itu.

Zhu Di bahkan pernah menjanjikan putra keduanya untuk menjadi calon putra mahkota hingga putra pertamanya, Zhu Gaochi (1378—1425), memiliki seorang anak laki-laki yang cerdas dan pemberani bernama Zhu Zhanji.

Setelah itu, Zhu Di memutuskan untuk memberikan tahta kepada putra pertamanya Zhu Gaochi dan mulai mengangkat cucu kesayangannya Zhu Zhanji sebagai pewaris Kerajaan Ming.

Kaisar Zhu Di mengirim pejabat paling cerdas untuk mengajarinya sastra dan politik. Dia membawa Zhu Zhanji dalam Perang Ekspedisi Utara melawan rezim Mongolia untuk mengajarinya pengetahuan militer dari garis depan.

Di medan perang, Zhu Zhanji menunjukkan keberanian dan bakat yang luar biasa sebagai seorang pejuang dan komandan, yang membuat kakeknya semakin terkesan.

Selama periode ini, pamannya Zhu Gaoxu masih mendambakan takhta dan menghasut pembunuhan. Oleh karena itu, Zhu Zhanji selalu waspada, melindungi ayahnya dan dirinya sendiri dengan baik.

Penobatan yang Menantang