Twosret, Firaun Wanita Hampir Terhapus dari Sejarah Mesir Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 24 Mei 2023 | 11:00 WIB
Inilah makam KV14 Twosret di Lembah Para Raja. Twosret, firaun wanita hampir terhapus dari sejarah Mesir kuno. (Historical Eve)

Nationalgeographic.co.id—Firaun Twosret, salah satu dari sedikit wanita yang memerintah hampir terhapus dari sejarah Mesir kuno.

Twosret dieksploitasi oleh mereka yang memiliki kekuatan lebih, menggunakan dia sebagai alat untuk memenuhi agenda sendiri. Beruntungnya, Firaun Twosret lebih tangguh daripada kebanyakan orang dan dia melawan.

Firaun Twosret juga dikenal sebagai Tawosret atau Tausret mungkin tidak terkenal, tetapi kisah hidupnya menunjukkan bahwa dia berhasil melawan segala rintangan.

Belakangan, setelah kematiannya, monumennya dihancurkan untuk menghilangkan keberadaan ratu yang berkuasa dari catatan hieroglif. Mereka yang mencoba menghapusnya dari sejarah hampir berhasil.

Siapakah Twosret?

Tidak diketahui siapa orang tua Twosret, tetapi kemungkinan besar dia adalah putri Firaun Ramses II yang memiliki banyak anak. Orang hanya bisa membayangkan bagaimana kehidupan bagi Twosret muda yang memiliki banyak kerabat di harem Ramses Agung di mana istri kesayangannya, Nefertari, memiliki kepentingan khusus.

Sejarawan menganggap kehidupan Twosret dimulai ketika Ramses sudah sangat tua.

Sebagai seorang anak, Twosret mendengarkan bagaimana orang dewasa mendiskusikan situasi politik dan sosial di Mesir.

Kerajaan perkasa mereka dikelilingi oleh musuh yang kuat seperti orang Het, tetapi mereka tidak dapat dibandingkan dengan Orang Laut yang mengerikan yang menimbulkan ketakutan di hati orang Mesir.

Twosret muda kemungkinan besar mendengar tentang kampanye militer Firaun Merneptah. Hari ini, Firaun Merneptah telah menjadi terkenal karena sarkofagus raksasanya yang luar biasa.

Mungkin Twosret muda mengagumi prestasinya tetapi kita mungkin tidak pernah tahu. Selama periode ini, Mesir kuno terus-menerus terancam, tetapi ketika kerajaan tetangga yang kuat lainnya jatuh, Tanah Piramida berhasil bertahan dan makmur.

Twosret menikahi Seti II, dan menjadi istri kerajaan keduanya. Pasangan itu tidak memiliki anak. Beberapa sejarawan berspekulasi bahwa makam KV56 mungkin mewakili penguburan putri mereka, namun hal ini belum dikonfirmasi.