Sebelum Penemuan Planet Lain, Mitologi Navajo Telah Bicara soal Beberapa Dunia

By Utomo Priyambodo, Sabtu, 27 Mei 2023 | 15:00 WIB
Ilustrasi penari Navajo Yebichai oleh Edward S. Curtis, 1900, menandakan kedatangan dunia keempat Navajo dan manusia. (Edward S. Curtis/Public Domain)

Nationalgeographic.co.id—Di seluruh dunia, banyak mitologi berbicara tentang dewa-dewa yang datang dari langit dan prestasi luar biasa mereka. Mitologi Navajo juga termasuk dalam konteks ini.

Saat ini, orang Indian Navajo berpopulasi sekitar 150.000 orang yang tinggal di reservasi gurun besar yang membentang di negara bagian Amerika Arizona, Utah, New Mexico, dan Colorado. Mereka membentuk suku asli Amerika terpenting di AS.

Reservasi Indian Navajo lebih besar dari Prancis. Dan mitologi Navajo menawarkan banyak wawasan menarik tentang budaya mereka.

Dikatakan bahwa, di masa lalu yang jauh, ketika manusia dan hewan memiliki bahasa yang sama, ada dunia pertama yang gelap yang diterangi oleh api yang membakar di dalam kawah pijar. Dari sini, manusia serangga mulai menuju dunia lain seperti burung dan belalang.

Oleh karena itu, seperti dikutip dari Ancient Origins, narasi mitologi Navajo ini melibatkan perjalanan ke dunia yang tidak diketahui. Perjalanan melalui portal dan melalui dimensi lain. Mitologi Navajo ini juga bercerita soal evolusi kosmik yang menakjubkan.

Di dunia keempat, menurut mitologi Navajo, manusia pertama suku Navajo diciptakan. Penyeberangan dunia oleh makhluk pertama ini mewakili perjalanan menuju "Dunia Cemerlang dari Permukaan."

Adapun dunia lain, ini dihancurkan karena tidak menghormati hukum yang diberikan oleh para dewa tentang hidup berdampingan dengan yang lain, dengan yang dari orang yang sama, maupun dengan orang-orang dari bangsa lain dan peradaban lain.

Sama seperti dalam mitologi asal lainnya, aturan yang diberikan oleh para dewa harus dihormati untuk menghindari kehancuran. Namun, ada juga pengampunan yang memungkinkan awal yang baru di awal dunia yang baru.

Tempat tinggal hogan kuno di Monument Valley Navajo Tribal Park. Hogan adalah tempat tinggal tradisional utama orang Navajo. (Dsdugan/Wikimedia Commons)

Mitologi Navajo Berbicara soal Beberapa Dunia

Mitologi Navajo berbicara tentang keberadaan beberapa dunia. Oleh karena itu, sebelum penemuan planet lain, suku Indian Navajo telah menerima gagasan tentang keberadaan dunia lain yang dianimasikan oleh kehidupan dan peradaban lain.

Menurut mitologi Navajo, di dunia pertama hiduplah bangsa lebah, semut, capung, scarab, jangkrik, dan lalat. Munculnya ide terbang di dunia ini dijelaskan oleh legenda capung yang membuat sayap untuk dirinya sendiri dan mulai menggerakkannya, mengangkat dirinya dari tanah.