Pegasus dari Mitologi Yunani: Kuda Bersayap Agung dari Gunung Olympus

By Utomo Priyambodo, Sabtu, 27 Mei 2023 | 17:00 WIB
Pegasus, sosok kuda bersayap dalam mitologi Yunani. (Mystic Art Design/Pixabay)

Nationalgeographic.co.id—Pegasus adalah kuda terbang agung dalam mitologi Yunani, terkenal karena hubungannya dengan para pahlawan Perseus dan Bellerophon. Secara tradisional digambarkan sebagai kuda bersayap, Pegasus dari mitologi Yunani dikatakan sebagai anak Poseidon, dewa laut dan penjinak kuda, dan Gorgon Medusa.

Dalam kisah Perseus membunuh Medusa, dapat ditemukan narasi kelahiran Pegasus. Kuda bersayap ini kemudian menjadi tunggangan Bellerophon, dan dapat ditemukan dalam kisah-kisah legendaris tentang eksploitasi pahlawan ini, termasuk pembunuhan Chimera dan pelariannya ke Gunung Olympus.

Dalam Teogoni Hesiod, tertulis bahwa "bersamanya [Medusa], dewa Sable Locks [Poseidon] terbaring di padang rumput yang lembut di antara bunga-bunga musim semi." Persatuan antara Medusa dan Poseidon menghasilkan Pegasus dan Chrysaor, yang lahir saat Medusa dipenggal oleh pahlawan Perseus, sang pahlawan Yunani.

“Dan ketika Perseus memotong kepalanya dari lehernya, keluarlah Chrysaor yang hebat dan kuda Pegasus. Dia dinamai demikian karena dia lahir di tepi perairan Oceanus, sedangkan yang satunya lahir dengan pedang emas di tangannya,” tertulis dalam teogoni tersebut, seperti dikutip Ancient Origins.

Menurut Hesiod, Perseus terbang ke Gunung Olympus setelah lahir. Kuda terbang itu kemudian tinggal di istana Zeus.

Di sana, Pegasus diberi tugas membawa guntur dan kilat dewa. Cerita alternatif dalam mitologi Yunani menunjukkan bahwa Pegasus menghabiskan beberapa waktu di bumi sebelum terbang ke Gunung Olympus, rumah para dewa Yunani. Selama di bumi, Pegasus melayani dua pahlawan, yakni Perseus dan Bellerophon.

Setelah kematian Medusa, Perseus dikatakan sedang dalam perjalanan pulang ketika dia melihat seorang gadis dirantai ke batu. Gadis ini adalah Andromeda, putri Raja dan Ratu Ethiopia. Ibu Andromeda telah membuat marah Poseidon dengan membual bahwa putrinya lebih cantik daripada Nereid.

Sebagai pembalasan, sang dewa menghukum orang-orang Ethiopia dengan terlebih dahulu mengirimkan banjir, dan kemudian monster laut untuk meneror mereka. Satu-satunya cara untuk menenangkan Poseidon adalah dengan mengorbankan Andromeda, yang menjadi alasan dia dirantai ke batu.

Perseus menawarkan untuk menyelamatkan sang putri, dan berurusan dengan monster itu, asalkan dia diberikan izin untuk menikahi Andromeda. Raja menyetujui hal ini, dan ketika monster itu datang untuk mengklaim sang putri, Perseus mengubahnya menjadi batu menggunakan kepala Medusa yang terpenggal. Perseus kemudian menikahi Andromeda dan mereka memiliki banyak anak.

Menaklukkan Chimera dalam Mitologi Yunani

Pegasus juga merupakan tunggangan Bellerophon, yang datang untuk merasuki kuda terbang selama pencariannya melawan Chimera, monster yang bernapas api. Menurut salah satu cerita, sang pahlawan pernah mengunjungi Kota Tiryns, tempat Proetus menjadi raja.

Sang ratu, Stheneboea, dikatakan telah jatuh cinta pada Bellerophon. Namun, sang pahlawan menolak rayuannya.