Susanoo, Dewa Badai yang Kerap Membuat Masalah dalam Mitologi Jepang

By Sysilia Tanhati, Minggu, 4 Juni 2023 | 14:00 WIB
Dalam mitologi Jepang, Susanoo dikenal sebagai dewa badai. Ia adalah salah satu adik dewi matahari Amaterasu. Dalam kisahnya, Susanoo kerap membuat masalah dan membuat kesal sang kakak. (Museum of Fine Arts, Boston)

Nationalgeographic.co.id–Susanoo adalah dewa badai dalam Shinto dan mitologi Jepang. Dia adalah adik dari dewi matahari Amaterasu.

Apa yang terkenal dari dewa ini? Ia sangat tersohor berkat perilakunya yang bengal dan terkadang merusak. Akibatnya, Susanoo memiliki reputasi sebagai penipu.

Susanoo diasosiasikan dengan angin dan laut dan belakangan ini diasosiasikan dengan cinta dan pernikahan.

Susanoo memberikan pedang Kusanagi kepada saudara perempuannya Amaterasu dan kemudian menjadi bagian dari regalia Kekaisaran Jepang.

Bagi manusia, warisan dari Susanoo yang sangat berharga adalah pertanian. Sang dewa badai ini sangat dihormati di Jepang. “Kuil pemujaannya terletak di Provinsi Izumo,” tulis Mark Cartwright di laman World History Encyclopedia.

Susanoo, si anak yang merepotkan dalam mitologi Jepang

Dalam mitologi Jepang, Susanoo lahir ketika ayahnya Izanagi mencuci hidungnya di Sungai Woto. Saat itu, Izanagi sedang melakukan ritual pembersihan setelah pengalaman buruknya di dunia bawah.

Awalnya, Susanoo memerintah Takama no Hara (Dataran Langit Tinggi) bersama saudara perempuannya Amaterasu. Tetapi sejak awal, Susanoo menimbulkan masalah dengan menghancurkan hutan dan gunung serta membunuh penduduk bumi. Karena alasan ini, dia diusir dari surga.

Memberikan perpisahan terakhir kepada saudara perempuannya, dewa badai sekali lagi menyebabkan kehancuran besar. Hal itu dilakukan dalam perjalanannya ke istana matahari.

“Bahkan gunung-gunung pun bergetar di belakangnya,” tambah Cartwright.

Saat itu, Amaterasu yakin kakaknya berniat buruk sehingga ia pun menantang Susanoo. Susanoo mengeklaim bahwa dia hanya ingin mengucapkan selamat tinggal.

Maka, untuk membuktikan niat baiknya dia mengatakan bahwa dia secara ajaib bisa membawa ke dunia lima dewa baru. Jika mereka ternyata menjadi menjadi laki-laki, itu akan membuktikan kejujurannya.