Bukan Cristiano Ronaldo, Gaius Atlet Termahal dalam Sejarah Olahraga

By Galih Pranata, Rabu, 7 Juni 2023 | 10:00 WIB
Gaius Appuleius Diocles. kusir kereta balap tercatat sebagai atlet termahal dalam sejarah olahraga. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Dalam catatan sejarah olahraga, terdapat nama atlet legendaris yang telah meninggalkan jejak yang tak terhapuskan. Ia memiliki keterampilan luar biasa dan penghasilan yang mengesankan dalam bidang ini.

Jika kini, Cristiano Ronaldo merajai industri olahraga karena ketenaran dan keterampilannya yang luar biasa, dahulu nama Gaius Appuleius Diocles menjadi terkenal di Romawi kuno dan menjadi atlet termahal dengan bayaran tertinggi pada masanya.

Kita akan bersama-sama melihat dan menggali kisah Gaius Diocles yang menawan, menjelajahi karirnya di bidang olahraga, kekayaannya yang luar biasa, dan warisannya yang abadi.

Gaius dikenal sebagai atlet dalam sirkuit balap kereta Romawi. Ia lahir di Lamecum, sebuah kota kecil di Lusitania (sekarang Portugal) sekitar tahun 104 Masehi. Diperkirakan, masa mudanya dihabiskan untuk hidup di dalam sirkuit balap.

"Bakat alaminya, dipadukan dengan latihan keras, membantunya merajai sirkuit balap kereta," tulis Andrei Tapalaga kepada History of Yesterday dalam artikelnya Gaius Appuleius Diocles: The Highest Paid Athlete In History terbitan 2 Juni 2023.

Diocles berkompetisi dalam balapan kereta populer yang diadakan di Circus Maximus Roma, sebuah stadion besar yang mampu menampung lebih dari 150.000 penonton. 

"Dia dengan cepat mendapatkan reputasi untuk keterampilan mengemudi yang luar biasa dan ketajaman taktisnya," imbuhnya.

Diocles berlomba untuk berbagai faksi, termasuk Putih, Merah, Hijau, dan Biru, mendapatkan basis penggemar yang berdedikasi dan mengaguminya.

Namun, yang membedakan Gaius Appuleius Diocles dari orang-orang sezamannya bukan hanya kehebatan olahraganya, tetapi juga kekayaannya yang luar biasa. Laiknya Cristiano Ronaldo dengan bayaran tinggi, ia juga mentereng dalam banyak industri komersil.

Dalam sejarah olahraga kuno, Gaius Diocles mengumpulkan kekayaan luar biasa selama karirnya, berkat kemenangannya yang konsisten dan hadiah menggiurkan sebagai penghargaan yang diberikan kepada sang kusir balap.

Bukan Cristiano Ronaldo atlet terkaya sepanjang sejarah olahraga. Cristiano Ronaldo memang tercatat sebagai atlet terkaya sejak 2017. Ia memiliki kekayaan senilai 1,3 miliar pounds atau setara Rp.24,4 triliun, jika terus bertahan di Arab Saudi.

Berbeda dengan kekayaan yang telah dikumpulkan oleh Gaius. Catatan sejarah olahraga menunjukkan bahwa dia mampu mengumpulkan sekitar 35.863.120 sesterces (mata uang Romawi) sepanjang karir balapnya.