Muramasa: Kisah "Pedang Iblis" Penghancur Keshogunan Kekaisaran Jepang

By Tri Wahyu Prasetyo, Selasa, 13 Juni 2023 | 11:00 WIB
Ilustrasi pedang Katana Muramasa (The Collector)

Nationalgeographic.coid—Bak gajah dengan gadingnya, Kekaisaran Jepang akan selalu melekat dengan pedang Katananya.

Meskipun sejatinya Negeri Matahari Terbit ini memiliki aneka ragam senjata, namun Katanalah yang selalu menjadi perbincangan banyak orang.

Dalam legenda kuno, dikisahkan pedang Katana yang diselimuti misteri, dengan narasi menakutkan yang mengelilingi namanya: Katana Muramasa. Kisah mengenai pedang tersebut termaktub dalam Mimibukiro karya Negishi Shizue.

David Mickov, seorang sarjana sejarah dari Makedonia Utara, menjabarkan kisah mengenai Katana Muramasa yang sangat melegenda pada laman The Collector.

Lantas, apa istimewanya Katana Muramasa? Menurut David, setidaknya pedang tersebut mampu “membawa kesialan, dan bahkan menyebabkan runtuhnya Keshogunan.”

Muramasa: Pembuat Pedang Gila dari Kekaisaran Jepang

Penempaan pedang Katana, 1802. (Metropolitan Museum of Art)

Orang yang menciptakan Muramasa bernama Sengo Muramasa. Dikatakan bahwa Muramasa hidup melalui serangkaian kemalangan yang membuatnya menjalani kehidupan yang aneh. 

“Ia sering marah, sombong, cemburu pada segala sesuatu di sekitarnya, dan memiliki ambisi yang murni jahat,” jelas David.

Akhirnya, ia dijauhi oleh semua orang, yang semakin meningkatkan sifat negatif dan agresivitasnya. Kadang-kadang, pikirannya terombang-ambing di luar nalar, membawanya ke kegilaan.

Bak, banyak cerita hantu di Kekaisaran Jepang lainnya, ia dengan cepat menjadi haus darah dan mencari pembalasan atas kehidupan yang telah menyakitinya.

Muramasa mengunjungi ladang di mana pertempuran besar terjadi. Ia memungut semua jenis logam dan sisa-sisa pedang Katana yang tercecer di medan laga.