Valknut, Simbol Kultus Kematian yang Jadi Misteri di Mitologi Nordik

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 18 Juni 2023 | 11:00 WIB
Batu Norse Lärbro Tängelgårda, menunjukkan Odin dan dua representasi dari bentuk tricursal dari Valknut dalam mitologi Nordik. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Valknut adalah simbol dalam mitologi Nordik yang menggambarkan tiga segitiga yang saling bertautan dan dikaitkan dengan dewa Odin. Nama Valknut adalah kata modern, yang berarti 'simpul dari mereka yang gugur dalam pertempuran', dan baru-baru ini dibuat dalam bahasa Norwegia.

Namun simbol ini menjadi kontroversial dan misterius. Terdiri dari tiga segitiga yang saling terkait, tidak sepenuhnya jelas apa sebenarnya yang diwakili oleh simbol itu, tetapi telah ditemukan di banyak artefak Zaman Viking

Ada banyak variasi Valknut, meskipun dua konfigurasi khusus sejauh ini merupakan gaya yang paling umum ditemukan. Yang pertama adalah varian tricursal. Ini menampilkan tiga segitiga yang saling terkait satu sama lain, masing-masing dengan bentuknya yang terpisah. Varian kedua adalah unicursal, menggunakan garis tunggal untuk membuat tiga segitiga yang saling berhubungan. 

Kata-kata varl yang berarti 'prajurit yang terbunuh', dan knut, yang berarti 'simpul' digabungkan untuk membuat Valknut. Dalam catatan arkeologi, Valknut muncul secara eksklusif sehubungan dengan kultus orang mati. Simbol itu ditemukan di beberapa batu rune di pulau Swedia Gotland. Batu ini ditinggikan dengan prasasti rahasia, sering didirikan di samping kuburan.

Valknut juga ditemukan di barang-barang kuburan, termasuk di atas ranjang kayu dari pemakaman kapal Oseberg di Norwegia. Kapal Oseberg adalah salah satu penemuan arkeologi terpenting dalam sejarah Zaman Viking, berdasarkan kualitas kapal dan barang-barang kuburannya yang terawetkan.

Cincin Anglo-Saxon dari abad kedelapan juga dilengkapi dengan Valknut. Cincin ini telah diawetkan di British Museum. Simbol yang mirip dengan Valknut juga ditemukan di guci kremasi Anglo-Saxon, orang Jerman lainnya yang terkait erat dengan Norse. Ini menunjukkan bahwa Valknut mungkin berasal jauh lebih awal dari Zaman Viking.

Hubungan Valknut dengan Odin di Mitologi Nordik

Argumen lain hubungan Valknut dengan prajurit yang gugur adalah seberapa sering ia digambarkan bersama Odin, salah satu dewa paling menonjol dalam mitologi Nordik.

Odin adalah dewa yang dihormati dan kuat dalam mitologi Nordik. Nama Odin diterjemahkan sebagai Master of Ecstasy. Dia adalah seorang penyihir kuat yang terkait dengan kebijaksanaan, perang, puisi, perdukunan, sihir, dan kematian dalam mitologi Nordik.

Bahkan ketika Odin tidak ditampilkan di samping Valknut, simbol lain yang terkait erat dengannya ditemukan. Misalnya, guci Anglo-Saxon menampilkan penggambaran kuda dan serigala, hewan yang sering menjadi sahabat Odin dalam mitologi Nordik.

Bagian dari batu Stora Hammars I di Gotland, Swedia menggambarkan valknut di tengah, posisi dominan, muncul di samping sosok yang ditafsirkan sebagai Odin. (Berig )

Odin mengangkut roh orang mati ke dunia bawah dan kemudian kembali ke dunia orang hidup. Dia juga pemimpin pasukan orang mati, seperti para prajurit Valhalla dan Perburuan Liar.