Dieng Detrac Trail Run Menuju Perhelatan Dunia

By Warsono, Minggu, 11 Juni 2023 | 16:50 WIB
Peserta kategori ultra trail 75 kilometer memulai Dieng Detrac Trail Run Series 2023 pada hari Sabtu, tanggal 10 Juni 2023. (Warsono/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id - Olahraga trail run belakangan semakin populer di kalangan pencinta olahraga di Indonesia dan juga maca negara.

Jenis olahraga atletik yang merupakan perpaduan dari lari dan naik gunung ini biasanya dilakukan di hutan, bukit, pegunungan, bahkan pantai.

Penyelenggaraan event trail run bahkan sekarang menjadi event sport tourism yang terus dikembangkan, tidak hanya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas para atlet trail run, tetapi juga diharapkan dapat meningatkan pariwisata di tempat perhelatan digelar.

Dieng Detrac Trail Run Series (DDTRS) 2023 diselenggaraan juga sebagai ajang sport tourism, yang merupakan kolaborasi olahraga dengan pariwisata di Indonesia.

DDTRS 2023 yang merupakan kelanjutan dari Dieng Trail Run 2022 dilaksanakan di dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, dengan mengusung tagline "It's Beyond Trail Run!!!".

DDTRS 2023 diselenggarakan dengan misi mengembangkan dan menghasilkan atlet-atlet trail run potensial di Indonesia.

Pelari yang berprestasi akan mendapat kesempatan untuk dikirim mewakili Indonesia pada ajang lomba trail run paling bergengsi di dunia Ultra Trail du Mount-Blanc (UTMB) World Series.

DDTRS juga akan segera menjadi bagian dari UTMB World Series. Komunikasi dan kerja sama untuk menjadi bagian dari event besar tersebut, sedang dibangun dengan penyelenggara dan pemilik lisensi UTMB World Series. Dan ini akan menjadi event tahunan UTMB World Series satu-satunya yang digelar di Indonesia.

“Kami sudah melakukan komunikasi dengan pihak penyelenggara UTMB di Prancis. Respons mereka cukup baik dan sangat antusias dengan proposal kami untuk menggelar UTMB World Series di Dieng, Jawa Tengah”, ujar Fandhi Ahmad sebagai Project Director DDTRS 2023

DDTRS 2023 diselenggrakan oleh Detrac, sebuah akademi dan komunitas trail run, bekerja sama dengan PAT Adventure. Penyelenggaraan trail run mengambil start dan finish di Taman Syailendra, pada 10-11 Juni 2023.

DDTRS 2023 diikuti oleh 519 peserta dari dalam dan luar negeri, terdiri dari kategori lomba Fun Trail 7KM, Trail 15KM dan 35KM, serta Ultra Trail 55KM dan 75KM. 

Kategori 7 KM bersifat fun trail yang dikhususkan untuk pemula yang ingin mencoba trail running. Sedangkan kategori lainnya lebih ditujukan kepada para peserta profesional atau atlet trail run.