Lan Yu, Jendral Kekaisaran Tiongkok Dieksekusi Akibat Rebutan Takhta

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 11 Juni 2023 | 18:30 WIB
Lan Yu adalah seorang jenderal Dinasti Ming Kekaisaran Tiongkok. (China Fetching)

Nationalgeographic.co.id—Lan Yu adalah seorang jenderal Dinasti Ming Kekaisaran Tiongkok.

Dia memimpin pasukan Ming dan berhasil memenangkan Pertempuran Danau Buir, yang memusnahkan pasukan Yuan Utara yang tersisa dan berkontribusi secara signifikan terhadap ekspansi Ming di barat daya dan barat laut Tiongkok.

Selain keberhasilan militernya yang luar biasa, Lan Yu juga merupakan teman dekat putra mahkota Ming yang berkuasa dan ayah mertua pangeran lainnya.

Namun, kepergian dini putra mahkota mengubah segalanya. Kepribadian agresif Lan Ye membuatnya menjadi korban politik yang tragis yang harus dikubur bersama sahabatnya. Berikut kisahnya.

Jendral Lan Yu dan Kehidupan Awal Militernya

Ada dua jenderal paling berbakat dan kontributif di pasukan Kaisar Zhu Yuanzhang, yang mulai bertugas di pasukannya ketika dia hanya memiliki sedikit tentara.

Mereka berani dan luar biasa dan memainkan peran penting dalam mendirikan Dinasti Ming Kekaisaran Tiongkok (1368-1644).

​Salah satunya adalah Jenderal Chang Yuchun yang terkenal (1330—1369), dan Lan Yu adalah saudara iparnya.

Oleh karena itu, Lan Yu memulai kehidupan militernya di pasukan Chang, dan dia membuat Chang terkesan dengan keberanian dan ketegasannya yang luar biasa.

​Di bawah rekomendasi Chang dan kinerja militernya yang luar biasa, Lan Yu mencapai lebih banyak kesuksesan dan hampir bekerja sama dengan semua jenderal yang luar biasa saat itu.

​Dia terus menang di medan perang dan memberikan kontribusi yang signifikan untuk ekspansi Ming.

​Selain Kaisar Zhu Yuanzhang, Lan Yu secara luas dianggap sebagai salah satu dari tiga marsekal teratas di awal Dinasti Ming (dua lainnya adalah Xu Da dan Chang Yuchun).