Minotaur: Monster Kepala Banteng yang Melegenda dalam Mitologi Yunani

By Galih Pranata, Rabu, 14 Juni 2023 | 07:00 WIB
Minotaurus atau Minotaur adalah monster berbentuk manusia berkepala banteng dalam mitologi Yunani. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Kepercayaan masyarakat tradisi dikenal beragam. Dalam mitologi Minoan dan Yunani, Minotaur atau Minotauros Yunani (Banteng Minos) adalah monster yang cukup legendaris.

Mitologi Yunani berisi beberapa mitos paling menarik di dunia. "Mitos Theseus dan Minotaur adalah salah satu mitos paling tragis dan menarik dalam mitologi Yunani," tulis Giovanni Prete.

Ia menulisnya kepada Greek Reporter dalam artikelnya berjudul The Ancient Greek Myth of Theseus and the Minotaur yang diterbitkan pada 1 Oktober 2022. Penduduk Yunani kuno percaya akan adanya monster yang berasal dari Kreta.

Saking menariknya, sampai-sampai arkeolog Inggris, Sir Arthur Evans menggali istana Knossos.

Tujuannya, untuk membuktikan kisah setengah manusia setengah banteng yang dibunuh oleh Theseus di dalam labirin dan dianggap sebagai mitologi Yunani yang populer.

Istana Raja Minos, Knossos, ditemukan oleh Sir Arthur Evans pada tahun 1894. Penggaliannya dimulai segera di situs tersebut pada Maret 1900. Knossos adalah situs arkeologi Zaman Perunggu terbesar di Kreta.

Situs tersebut "mungkin merupakan pusat seremonial dan politik peradaban dan budaya Minoa," imbuhnya. Dari sana, Evans membuktikan betapa pentingnya kajian tentang mitologi Yunani yang populer tersebut.

Kisahnya melegenda tentang kekuatan dan tubuh Minoatur yang besar. "Ia diingat dalam mitologi Yunani memiliki tubuh perkasa layaknya manusia, namun kepalanya berwujud banteng," tulis Martin Ries.

Pada tahun 1972, Ries menulis dalam jurnalnya yang berjudul Picasso and the Myth of the Minotaur, dan dimuat dalam Art Journal, Taylor and Francis Online.

 Tulisannya mengulas secara detail dan menjelaskan tentang perhatian Picasso terhadap mitologi Yunani kuno dalam ekspresinya yang dituangkan pada kanvas.

Picasso menggambarkan kisah-kisah tentang Minotaur dalam kanvasnya yang menjadi representasi kepercayaan bagi masyarakat modern.

Kisahnya sangat unik dan menarik untuk diceritakan hingga era modern.