Rumah Budaya Kratonan Jadi Ruang Edukasi Sejarah Kota Surakarta

By Galih Pranata, Rabu, 21 Juni 2023 | 11:13 WIB
Tampilan galeri sejarah Rumah Budaya Kratonan sebagai ruang edukasi sejarah bagi generasi muda. (Rumah Budaya Kratonan/Instagram)

Nationalgeographic.co.id—Sepintas lalu, di Sabtu yang syahdu, Jonanda Fattah Anugerah, seorang guru di Surakarta, mengajak saya untuk mengunjungi satu destinasi menarik di sudut sempit Kota Surakarta.

Tempatnya terpencil dan tak diketahui sebelumnya. Rumah Budaya Kratonan, begitulah namanya. Pemandangan yang tampak dari luar adalah bangunan khas Jawa, joglo yang berdiri tegap dan menawan.

Tak sembarangan, rumah joglo di Jawa umumnya dimiliki oleh orang penting atau aristokrat Jawa yang terpandang di daerahnya. Nyatanya, bangunan Rumah Budaya Kratonan ini sebelumnya adalah rumah pribadi milik Moeljadi Djojomartono.

Moeljadi Djojomartono bukanlah orang sembarangan. Ridho Al-Hamdi menulis dalam bukunya berjudul Paradigma Politik Muhammadiyah, terbitan tahun 2020, bahwa Moeljadi (baca: Mulyadi) adalah tokoh penting Muhammadiyah.

"Sejak remaja ia telah aktif dalam Persyarikatan Muhammadiyah. Mulyadi menjadi anggota Muhammadiyah Cabang Solo," tambahnya. Ia memegang peranan penting dalam perkembangan Muhammadiyah di Surakarta.

Moeljadi merupakan seorang orator yang jenaka. Ia pernah menjadi Ketua Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi) Wilayah Provinsi Jawa Tengah, bahkan merangkap sebagai anggota pengurus DPP Masjumi tahun 1947-1956.

Moeljadi juga pernah menjadi dosen Agama Islam dan Budipekerti di Akademi Militer Yogyakarta. Kariernya sebagai militer ditempuhnya sampai pada jabatan sebagai anggota Staf Gubernur Militer Surakarta dan pada tahun 1948-1949 dia ditunjuk sebagai pensihat Menteri Dalam Negeri.

Puncaknya, ia dilantik sebagai Menteri Sosial Indonesia ke-15. Meoljadi ditunjuk sebagai menteri menggantikan Rusiah Sardjono. Ia menjabat cukup singkat, yakni terhitung pada 28 Maret 1966 sampai 25 Juli 1966.

Sepak terjang Moeljadi sebagai tokoh penting bangsa tak diragukan lagi. Lantas ia membangun rumah joglo yang kokoh di sudut sempit Kota Surakarta di Jalan Manduro No.6, Kratonan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. 

Setelah ditinggalkan, rumah bekas Moeljadi, mantan Menteri Sosial di era Soekarno itu akhirnya dbeli oleh istri dari mantan Ketua DPR RI Akbar Tandjung, Krisnina Maharani. Semangat budaya Krisnina diwujudkan dengan menyulap rumah joglo itu sebagai ruang edukasi sejarah Kota Surakarta. 

Sekira tahun 2016, Rumah Budaya Kratonan ini diresmikan. Pada saat peresmiannya, Rumah Budaya Kratonan disaksikan oleh Akbar Tandjung, Wali Kota Solo Fx. Rudi Hadyatmo, serta mendiang ibunda Presiden RI Joko Widodo, Sudjiatmo Notomiharjo. 

Terdiri dari beberapa ruang, bangunan ini memberi edukasi sejarah dari yang kompleks menuju yang spesifik. Ditampilkannya sejarah perjalanan dari revolusi industri hingga tumbuhnya kolonialisme di Indonesia, sampai pada sejarah Kota Surakarta.