Dunia Hewan: Mungkinkah Megalodon Masih Ada di Zaman Sekarang?

By Ricky Jenihansen, Selasa, 20 Juni 2023 | 12:00 WIB
Dalam catatan dunia hewan, megalodon diketahui pernah mendominasi lautan Bumi. (Animal Wised)

Nationalgeographic.co.id—Dalam catatan dunia hewan, megalodon diketahui pernah mendominasi lautan Bumi sebelum kemudian punah.

Meskipun menghilang dari catatan fosil jutaan tahun yang lalu, belakangan muncul desas-desus bahwa hiu raksasa ini masih hidup di zaman sekarang.

Untuk diketahui, sekitar 20 juta hingga 3,6 juta tahun yang lalu, lautan di Bumi didominasi oleh spesies hiu raksasa yang disebut megalodon.

Nama ilmiahnya, Otodus megalodon, berarti "gigi raksasa" - nama dengan alasan yang mudah diketahui.

Dengan ukuran gigi tiga kali lebih besar dari hiu putih besar (Carcharodon carcharias), megalodon juga mencapai panjang 60 kaki (18 meter)—menjadikannya predator puncak terakhir yang pernah ada.

Namun desas-desus terus berlanjut hingga saat ini bahwa megalodon, hiu raksasa ini masih hidup.

Muncul video TikTok dan YouTube yang berspekulasi tentang bagaimana megalodon bisa bertahan dan mendapatkan jutaan penayangan.

Mungkinkah megalodon masih hidup hari ini, bersembunyi di suatu tempat di lautan?

Jack Cooper dari University of Swansea di Inggris, mengatakan mengatakan megalodon pasti sudah punah.

Ia merupakan mahasiswa doktoral dan anggota Kelompok Riset Pimiento, yang mempelajari keanekaragaman laut dari waktu ke waktu.

Cooper telah menghabiskan bertahun-tahun mempelajari megalodon, dan ia yakin bahwa tidak ada lagi megalodon di zaman sekarang.

"Setiap saran bahwa megalodon berpotensi masih ada di wilayah laut yang belum dijelajahi adalah omong kosong berdasarkan bukti yang kredibel," katanya kepada Live Science melalui email.