Periode Nara Kekaisaran Jepang: Ibu Kota Permanen Pertama Jepang

By Cicilia Nony Ayuningsih Bratajaya, Rabu, 21 Juni 2023 | 15:45 WIB
Daibutsu patung Buddha raksasa tinggi mencapai 15 meter, berada di Kuil Todai-ji. Dibangun pada periode Nara kekaisaran Jepang (Brian Jeffery Beggerly)

Nationalgeographic.co.id - Era dalam sejarah Jepang sebelum periode Nara dikenal sebagai periode Asuka, yang berlangsung dari tahun 538 hingga 710 Masehi. Nama periode ini diambil dari lokasi ibu kota di Asuka, kota tempat lahirnya peradaban Jepang.

Kekaisaran Jepang mengadopsi banyak aspek budaya Tionghoa, seperti Konfusianisme dan Buddhisme, sekaligus mengembangkan gaya seni dan arsitekturnya yang unik.

Dapat dikatakan bahwa perkembangan yang terjadi selama periode Nara merupakan kelanjutan dari perkembangan yang telah dilakukan pada era sebelumnya. Meski demikian, ada perbedaan yang membedakan periode Nara dan Asuka.

“Periode Nara menyaksikan munculnya istana kekaisaran yang sangat dipengaruhi oleh struktur politik Tiongkok, serta pendirian Buddha yang kuat dan berperan besar membentuk masyarakat Jepang” ungkap Wu Mingren.

Perubahan besar kekaisaran Jepang terjadi pada periode Nara yang berlangsung dari tahun 710 hingga 784 M. Reformasi politik besar, perkembangan budaya kekaisaran Jepang terjadi dalam periode ini.

Selama periode ini, kekaisaran Jepang memperluas perbatasannya dan mengembangkan budayanya dengan masuknya agama Buddha dan Konfusianisme dari Tiongkok.

Periode ini juga menyaksikan munculnya pengadilan kekaisaran yang kuat yang menetapkan banyak undang-undang yang membentuk Jepang selama berabad-abad hingga saat ini. Periode Nara adalah langkah penting dalam transisi sejarah Jepang dari masyarakat tradisional kesukuan ke peradaban maju.

Meskipun administrasi pusat telah dikembangkan selama periode Asuka, Jepang belum memiliki ibu kota permanen. Jadi, setiap kali seorang kaisar baru naik takhta, istana kekaisaran akan pindah ke lokasi baru.

Ini karena kepercayaan yang berlaku bahwa kematian seorang kaisar mencemari ibu kota. Oleh karena itu penguasa baru harus pindah. Hanya selama periode Nara, ibu kota permanen pertama Jepang didirikan.

Nara terletak di wilayah Kansai di Honshu, pulau terbesar di Jepang, dan menjadi ibu kota negara ketika Permaisuri Genmei memindahkan pusat pemerintahan kekaisaran ke Heijo-kyo (Nara) pada tahun 710. Nara menjadi ibu kota Jepang hingga tahun 784.

Perencanaan ibu kota dilakukan dengan hati-hati, ditata dengan ketat dan menjadi pusat kota pertama di negara itu. Diperkirakan Nara memiliki populasi 200.000, sekitar 4 persen dari populasi Jepang saat itu. Sepuluh ribu penduduk di antaranya bekerja pada pemerintahan kekaisaran.

Wu Mingren menyebutkan, “Banyaknya orang yang dipekerjakan oleh pemerintah menunjukkan bahwa pada masa Nara, Jepang telah mengembangkan birokrasi yang canggih." Tidak mengherankan, birokratisasi pemerintah disebabkan oleh adopsi model pemerintahan Tiongkok.