Sejarah Kapal Selam: Dari Sosok Siluman Bawah Laut hingga Sains

By Tri Wahyu Prasetyo, Kamis, 22 Juni 2023 | 14:02 WIB
Kapal selam Vescovo, 'The Limiting Factor', turun ke laut dalam. (explorersweb)

Nationalgeographic.co.id - Dalam dunia militer, kapal selam boleh jadi mimpi buruk bagi kapal-kapal yang ada di permukaan. Ia dapat mengintai mangsanya jauh di bawah permukaan samudra, dalam operasi militer yang sangat rahasia.

Di bidang lain, kapal selam membidani ilmu pengetahuan. Dengan menjelajahi bagian terdalam laut, mereka mengumpulkan data-data untuk memperluas pengetahuan manusia tentang dunia akuatik.

Kapal selam telah mengalami perjalanan sejarah yang panjang. Bahkan bentuk paling pertamanya, jauh dari gambaran kapal selam saat ini. Greg Beyer, seorang penulis sejarah dari Afrika Selatan, menjabarkan sejarah kapal selam dari masa ke masa.

Kilas Balik Kapal Selam di Dunia

Greg menjelaskan, penggunaan kapal selam yang paling awal ternyata sudah ada sejak zaman dahulu, “meskipun kisah-kisahnya hanya berupa legenda dan tidak dapat diverifikasi.”

Penyair Mughal, Amir Khusrau, pernah menggambarkan melalui ilustrasi bagaimana Alexander yang Agung turun ke laut melalui lonceng selam selama Pengepungan Tirus pada tahun 332 SM.

Pada tahun 1578, William Bourne dari Inggris merancang prototipe kapal selam. Desainnya adalah sebuah kapal kayu yang tertutup dan dilapisi kulit. Akan tetapi tidak diketahui apakah kapal selam tersebut pernah dibangun.

Bangunan kapal selam pertama yang dikonfirmasi berasal dari tahun 1620. Kapal selam dirancang dan dibangun oleh Cornelis Drebbel, seorang Belanda yang bekerja untuk Raja James I dari Inggris.

Kapal tersebut menggunakan dayung sebagai perangkat kemudi. “Kapal selam ini sangat canggih pada masanya, bahkan melampaui batas kemampuan ilmiah yang dapat diterima kala itu,” terang Greg.

Drebbel menggunakan barometer air raksa untuk mengukur kedalaman dan menggunakan proses kimia untuk menyegarkan udara dan menyediakan oksigen.

Sebuah ilustrasi yang menunjukkan kapal selam Cornelis Drebbel. (History)

Di akhir abad ke-16, Denis dari Prancis merancang dan membangun dua kapal selam yang terbuat dari logam. Tidak lama kemudian, banyak penemu mulai mematenkan desain mereka sendiri, dan jelas bahwa kapal selam dapat digunakan untuk keperluan militer.