Sejarah Zaman Kegelapan, Ketika Orang Eropa Mulai Makan Mumi Mesir

By Ricky Jenihansen, Minggu, 25 Juni 2023 | 15:00 WIB
Salah satu sejarah Zaman Kegelapan yang terdengar tidak masuk akal, ketika orang-orang Eropa mulai terobsesi dan makan mumi Mesir. (Universal History Archive/Universal Images Group)

Nationalgeographic.co.id - Dalam sejarah zaman kegelapan di Eropa, ada banyak hal aneh yang mungkin terdengar sangat tidak masuk akal di zaman sekarang. Salah satu yang paling lucu adalah saat orang Eropa terobsesi dan mulai makan mumi Mesir.

Mumi menjadi obat yang diresepkan oleh orang Eropa selama 500 tahun. Sejarah zaman kegelapan yang tidak masuk akal ini bahkan terus berlanjut, bahkan hingga zaman sekarang jika ingin ditelusuri.

Hal itu didorong oleh munculnya keyakinan, yang entah dari mana, bahwa sisa-sisa manusia yang digiling, dihaluskan, dan diseduh dapat menyembuhkan (penyakit) apa saja mulai dari penyakit pes hingga sakit kepala.

Tidak hanya itu, kemudian muncul ide-ide mengerikan yang dimiliki orang-orang Victoria tentang hiburan setelah makan malam. Mayat orang Mesir kuno yang diperban menjadi daya tarik dari sejarah zaman kegelapan, Abad Pertengahan, hingga abad ke-19.

Mumi Mesir mania

Keyakinan bahwa mumi dapat menyembuhkan penyakit mendorong orang selama berabad-abad, dalam sejarah zaman kegelapan, untuk menelan sesuatu yang rasanya tidak enak.

Mumia, adalah nama produk yang dibuat dari tubuh mumi Mesir, adalah zat obat yang dikonsumsi selama berabad-abad oleh orang kaya dan miskin, tersedia di apotek, dan dibuat dari sisa mumi yang dibawa dari makam Mesir kembali ke Eropa.

Pada abad ke-12, apotek menggunakan mumi yang digiling dan dihaluskan untuk khasiat obat dunia mistis mereka. Mumi adalah obat yang diresepkan untuk 500 tahun ke depan.

Di dunia tanpa antibiotik, dokter meresepkan tengkorak, tulang, dan daging yang digiling untuk mengobati penyakit mulai dari sakit kepala hingga mengurangi pembengkakan atau menyembuhkan wabah.

Tidak semua orang yakin. Guy de la Fontaine, seorang dokter kerajaan, meragukan mumia adalah obat yang berguna dan melihat mumi palsu yang dibuat dari mayat petani di Alexandria pada tahun 1564.

Dia menyadari orang bisa ditipu. Mereka tidak selalu mengonsumsi atau makan mumi Mesir kuno yang asli.

Namun pemalsuan menggambarkan poin penting. Ada permintaan konstan untuk daging orang mati untuk digunakan dalam pengobatan dan pasokan mumi asli Mesir tidak dapat memenuhi ini.