Troll, Makhluk Aneh Mitologi Nordik yang Takut Terkena Sinar Matahari

By Wawan Setiawan, Sabtu, 1 Juli 2023 | 17:00 WIB
Troll, makhluk menyeramkan dalam mitologi Nordik yang berubah menjadi batu jika terkena sinar matahari. (Lillehammer)

Melewati bawah bayang-bayang pegunungan besar Norwegia atau Swedia, Anda mungkin memperhatikan bahwa pedesaan tersebut dipenuhi dengan batu-batu yang besar. Menurut mitologi Nordik mengatakan bahwa batu-batu besar ini tidak tiba di tempat itu secara alami. Banyak di antaranya adalah senjata Troll raksasa yang pernah menjelajahi daratan.

Bahkan beberapa di antaranya memiliki sejarah yang lebih spektakuler. Mereka adalah tubuh Troll itu sendiri, yang berubah menjadi batu karena terkena sinar matahari. Itulah mengapa para Troll ini takut dengan sinar matahari.

Troll adalah makhluk humanoid yang tinggal jauh di belantara Skandinavia. Penampilan mereka berkisar dari yang mengerikan hingga eksentrik bahkan ada juga yang lucu, tetapi mereka hampir semuanya tidak ramah. Mereka tidak peduli seberapa menawan penampilan mereka. Kecuali Anda seorang pemikir cepat, pertemuan dengan Troll tidak akan pernah berakhir dengan baik.

Cerita rakyat Skandinavia, sebagai mitologi Nordik, memperkenalkan adanya dua jenis Troll, yaitu raksasa (sering disebut jotnar) dan rakyat kecil (sering disebut huldrefolk).

Jotnar, yang meminjam nama dan banyak karakteristik mereka dari raksasa es Nordik kuno, adalah karakter manusia super. Tubuh mereka menjulang di atas rata-rata seorang pria, didukung oleh dahan batu kolosal.

Ciri-ciri troll berkuilit kasar, seperti batu yang aus karena cuaca, dan rambut mereka acak-acakan. Beberapa di antaranya sangat besar dan tidak terawat sehingga tumbuhan bahkan dapat berakar di kulitnya.

Ilustrasi ini menggambarkan troll raksasa makhluk mitologi Nordik yang ditutupi tumbuhan yang menyamar sebagai gunung. (JNL/Wikipedia)

Jotnar paling jelek bisa memiliki mata tunggal, seperti cyclops, atau memiliki banyak kepala.

Huldrefolk jauh lebih tidak merusak pemandangan daripada sepupu raksasa mereka. Faktanya, mereka dapat dengan mudah disalahartikan sebagai manusia, dan manusia yang menarik pada saat itu! Mereka dibedakan hanya dengan keberadaan ekornya, yang bisa seperti sapi atau rubah, tapi ini bisa disembunyikan oleh pakaian.

Troll, terutama jotnar adalah makhluk primitif, dalam mitologi Nordik di Skandinavia. Mereka mengasingkan diri dari peradaban manusia, lebih memilih tinggal di gua atau hutan keruh di luar jangkauan hiruk pikuk manusia.

Terkadang, komunitas kecil Troll dapat muncul di satu area, tetapi makhluk itu memiliki sedikit atau bahkan tidak ada bentuk pemerintahan ketika mereka tinggal bersama. Yang terkuat di antara mereka akan dinobatkan sebagai "raja", yang memiliki hak untuk memerintah yang lain.

Di atas semua institusi sosial lainnya, mereka tidak menyukai agama. Legenda mengatakan bahwa petir Thor pertama dan kemudian dering lonceng gereja yang membawa mereka ke pengasingan, dan mereka masih dengan cepat menyerang orang Kristen yang bepergian, menculik anak-anak yang belum dibaptis, atau menghancurkan gereja ketika mereka bisa.