Kisah Cinta Berkhianat Ariadne, Theseus & Dionysus di Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 7 Juli 2023 | 13:00 WIB
Kisah cinta Ariadne, Theseus dan Dionysus dalam mitologi Yunani kuno. (The Collector)

Nationalgeographic.co.id—Ariadne adalah putri Kreta. Tanpa dia, Theseus tidak akan pernah lolos dari Labirin dalam mitologi Yunani kuno. Hal ini merupakan kisah cinta, kematian dan pengkhianatan antara Ariadne, Theseus dan Dionysus.

Kisah ini berawal dari pemikiran cepat dan kepintaran Ariadne memberinya ide untuk menggunakan tali untuk membantu Theseus menemukan jalan keluar dari Labirin. Namun, terlepas dari bantuannya, Theseus meninggalkannya di sebuah pulau dalam perjalanan pulang. 

Ariadne adalah putri Raja Minos dari Kreta. Dia adalah salah satu Raja paling kuat di Yunani pada saat itu dan sering memaksa kerajaan lain untuk tunduk.

Salah satu kerajaan ini adalah Athena; hubungan antara kedua kerajaan akan berdampak buruk pada kehidupan Ariadne, seperti yang akan terjadi pada waktunya. 

Ibu Ariadne adalah Ratu Pasiphae dalam mitologi Yunani kuno. Dia sangat tidak beruntung.

Ketika suaminya, Minos, menyinggung dewa Poseidon, dewa laut sebagai pembalasan mengutuk Pasiphae dengan nafsu yang tak terkendali terhadap banteng berharga Raja.

Hasil dari kutukan itu adalah Pasiphae dipaksa kawin dengan binatang itu, dan dia kemudian melahirkan seorang anak yang setengah manusia, setengah banteng.

Dia dipanggil Asterion, yang berarti "bintang kecil", meskipun dia paling sering disebut sebagai Minotaur, yang berarti "banteng Minos". Asterion si Minotaur adalah saudara tiri Ariadne.

Keluarga itu terputus-putus sejak awal. Ariadne tidak pernah diizinkan untuk berinteraksi dengan saudara tirinya, dan dia dibesarkan untuk melihatnya sebagai monster.

Jijik dengan bentuk hibridanya, Raja Minos menjebak Asterion di labirin yang tidak dapat dinavigasi, yang dirancang oleh penemu terkenal Daedalus.

Asterion si Minotaur, setelah diasingkan dan diperlakukan dengan kejam oleh Minos, tumbuh menjadi monster pemakan daging.

Salah satu saudara Ariadne, Androgeus, pergi ke Athena, sebuah kerajaan di seberang laut dari Kreta.