Susanoo, Dewa Badai Punya Banyak Selir dalam Mitologi Jepang

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 11 Juli 2023 | 14:00 WIB
Susanoo adalah dewa laut dan badai dalam mitologi Jepang. (Mythopedia)

Nationalgeographic.co.id—Susanoo adalah dewa laut dan badai dalam mitologi Jepang. Susanoo dikenal sebagai dewa yang temperamental, sering membuat masalah dengan tindakan yang kacau.

Pertarungannya dengan naga Orochi menyebabkan terciptanya pedang Kusanagi-no-Tsurugi, salah satu bagian dari regalia suci Jepang.

Susanoo adalah dewa yang penuh gejolak serta penampilannya yang acak-acakan merupakan cerminan langsung dari statusnya sebagai dewa badai. 

Laut yang mengelilingi Jepang Selatan—tempat banyak kuilnya berada—mencerminkan sifat-sifat ini. Seperti banyak badai, angin, dan dewa laut yang melayani di bawahnya, Susanoo bisa menjadi baik hati dan jahat. 

Meski begitu, dia tetap menjadi salah satu pahlawan mitologi Jepang yang paling terkenal. Prestasinya yang paling terkenal adalah bertarung dan membunuh naga berkepala delapan yang menakutkan.

Susanoo memegang pedang terkenal Kusanagi-no-Tsurugi, Pemotong Rumput, juga dikenal sebagai Murakumo-no-Tsurugi, Pedang Langit Pengumpul Awan.

Setelah mengeluarkannya dari mayat Orochi, dia memberikannya kepada saudara perempuannya sebagai tanda penebusan dosa. Bilah ini akhirnya menemukan jalannya ke Keluarga Kekaisaran Jepang dan sekarang disimpan di kuil Amaterasu di Ise.

Kuil Susanoo sendiri sangat banyak dan populer. Mereka termasuk: Kumano Taisha, kuil terpentingnya, di Matsue, Prefektur Shimane; Kuil Susa, didedikasikan untuk dia dan istrinya, di Izumo, Prefektur Shimane; Kuil Yasaka, di Higashiyama, Prefektur Kyoto; Kuil Tsushima, di Tsushima, Prefektur Aichi; Kuil Hikawa, di Saitama, Prefektur Saitama; Kuil Yaegaki, di Matsue, Prefektur Shimane.

Punya Banyak Selir

Dalam mitologi Jepang, Susanoo adalah putra Izanagi. Keluarganya sangat bervariasi tergantung dari dongeng ke dongeng, dan karena itu dia memiliki banyak istri dan anak.

Termasuk dalam jumlah mereka adalah Kushinada-hime, istri pertamanya (dan paling menonjol) yang memberinya lima anak yaitu Kushiinada-hime, Inada-hime, Makami-furu-kushi'inada-hime, Yashimajinumi, dan Okuninushi, dewa sihir . Di luar pernikahannya, Susanoo memiliki selir dan anak yang tak terhitung jumlahnya dari wanita lain dan dewa.

Awal Mula Susanoo Lahir