Adu Kekuatan Ninja vs Samurai Kekaisaran Jepang, Siapa yang Menang?

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 16 Juli 2023 | 14:00 WIB
Samurai Kekaisaran Jepang adalah prajurit melayani kaum bangsawan. Ninja, menggunakan ninjutsu untuk mengganggu musuh dan mengumpulkan informasi. (The Collector)

Nationalgeographic.co.idNinja dan samurai Kekaisaran Jepang sangat populer di anime dan film. Banyak orang bertanya-tanya siapa yang akan menang dalam pertarungan samurai vs ninja, dan apa perbedaan di antara mereka. 

Samurai adalah mereka yang melayani kaum bangsawan, sedangkan ninja adalah mereka yang menggunakan ninjutsu untuk mengganggu musuh dan mengumpulkan informasi.

Dalam Kekaisaran Jepang, kata samurai berasal dari kata mimamor, atau menjaga, dan ada beberapa di antara mereka yang tidak belajar seni bela diri.

Seiring berjalannya waktu, arti samurai berubah. Mereka dikenal sebagai prajurit militer atau prajurit yang menggunakan pedang Jepang.

Samurai, Hingga Zaman Edo

Samurai aktif dari periode Heian akhir hingga periode Edo. Mereka mengenakan pakaian tradisional Jepang yang disebut hakama dan memiliki gaya rambut khas yang disebut chonmage.

Selama pertempuran, mereka mengenakan helm berat dengan ventilasi yang buruk. Untuk menghindari ruam, mereka mencukur bagian atas kepala mereka dan mengikat rambut di bagian belakang kepala mereka menjadi satu.

Ada banyak samurai terutama selama periode Sengoku. Suatu zaman ketika banyak pertempuran terjadi.

Perbedaan antara Samurai dan Bushi

Bushi, digunakan secara sinonim dengan samurai, adalah istilah umum untuk orang yang mencari nafkah dengan berperang.

Perbedaan dibuat antara mereka yang tidak memiliki siapa pun untuk dilayani, seperti ronin (samurai tanpa tuan), nobushi (samurai pengembara), dan ashigaru (prajurit kaki), dan mereka yang melayani bangsawan yang disebut samurai.

Istilah bushi pertama kali digunakan untuk merujuk pada sekelompok prajurit, yang disebut bushidan.