Dunia Hewan: Mengapa Ikan Laut Dalam Terlihat Seperti Alien?

By Ricky Jenihansen, Rabu, 19 Juli 2023 | 13:00 WIB
Tidak seperti spesies lainnya di dunia hewa, ikan laut dalam terlihat seperti alien. (NOOA)

Nationalgeographic.co.id—Ada banyak ikan yang hidup di kedalaman lautan, habitat yang bahkan asing dalam dunia hewan dan mereka terlihat seperti alien.

Ikan laut dalam telah mengembangkan sifat unit untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang tak kenal ampun.

Ikan-ikan laut dalam bersembunyi di kedalaman lautan seperti penjahat asing dalam film horor. Ikan laut terlihat seperti alien, dengan gigi raksasa, tubuh bercahaya dalam gelap dan bola mata yang menonjol.

Jadi mengapa ikan-ikan laut dalam memiliki keistimewaan dalam dunia hewan? Mereka juga berbeda dengan ikan-ikan lainnya. Apa yang membuat ikan laut dalam terlihat seperti alien?

Menurut para ahli, penampilan aneh ikan laut dalam sebagian besar merupakan cerminan dari lingkungan ekstrem yang mereka tinggali.

Sebagian besar laut dalam, yang dimulai 656 kaki (200 meter) di bawah permukaan, memiliki sistem tekanan tinggi, rendah cahaya dan ketersediaan makanan yang sedikit.

Tidak hanya itu, laut dalam juga jauh lebih dingin daripada bagian lautan lainnya.

Laut dalam memiliki suhu rata-rata tepat di atas titik beku pada 39 derajat Fahrenheit atau sekitar 4 derajat Celcius.

"Laut dalam adalah tempat yang sangat keras untuk mencari kehidupan, jadi banyak hewan benar-benar harus menyesuaikan beberapa adaptasi khusus untuk bertahan hidup di lingkungan itu," kata Mary McCarthy, ahli biologi ikan di Monterey Bay Aquarium di California, kepada Live Science.

Tanpa banyak kesempatan untuk menemukan makanan, ikan laut dalam tidak seperti spesies lain di dunia hewan.

Mereka telah mengembangkan sifat untuk membantu mereka menangkap mangsa. Salah satu yang paling menakutkan adalah rahang yang besar.

Sebagai contoh, ikan viper Sloane (Chauliodus sloani) yang memiliki taring sangat besar. Bahkan ikan ini tidak dapat menutup mulutnya tanpa menusuk otaknya.