Lethe, Sungai Kelupaan Agar Kenangan Hidup Terlupakan Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 22 Juli 2023 | 09:00 WIB
Dalam mitologi Yunani, ketika meninggal dunia diberikan kesempatan untuk melupakan semua kenangan hidup lewat minum air di sungai Lethe. (Wikimedia commons)

Nationalgeographic.co.id—Bukankah lega jika bisa menghapus kenangan buruk di pikiran Anda? Atau apakah Anda lebih suka menghadapi kenyataan?

Dalam mitologi Yunani, Anda diberikan pilihan ketika meninggal dunia untuk melupakan segalanya setelah minum air dari sungai Lethe. 

Sungai Lethe adalah sungai kelupaan. Sungai ini merupakan salah satu dari lima sungai di Hades, dunia bawah dalam mitologi Yunani.

Dalam bahasa Yunani klasik, Lethe berarti pelupaan, kelupaan atau penyembunyian. Lethe juga merupakan nama roh Yunani, roh kelupaan dan pelupaan. 

Sungai Lethe diyakini mengalir melalui gua-gua Hypnos, dewa tidur, di dunia bawah. Pintu masuk ke gua dikatakan dihuni oleh bunga poppy dan tanaman hipnotis lainnya.

Tidak ada cahaya atau suara yang pernah memasuki gua. Sungai berbatasan dengan Elysium, surga di mana hanya para pahlawan, dan manusia yang berhubungan dengan dewa, yang dikirim untuk menjalani kehidupan kebahagiaan abadi.

Nama kelima sungai di Hades mencerminkan emosi yang terkait dengan kematian. Dinataranya Styx—sungai kebencian, Acheron—sungai penderitaan, Cocytus—sungai ratapan, Phlegethon—sungai api, dan Lethe—sungai kelupaan.

Apa yang Terjadi pada Mereka yang Minum Sungai Lethe?

Semua yang minum dari sungai Lethe mitologi Yunani mengalami kelupaan. Suara gumaman Lethe akan menyebabkan kantuk. Ketika jiwa orang mati pergi ke alam baka, mereka harus minum dari sungai untuk melupakan kehidupan masa lalu mereka dan bersiap untuk reinkarnasi.

The Myth of Er atau mitor Er memberikan kisah tentang seorang pria yang tewas dalam pertempuran dan pengalaman tentang alam baka serta Sungai Lethe.

Sepuluh hari setelah pertempuran, ketika mayat dikumpulkan, tubuhnya tetap tidak terurai.

Er telah melakukan perjalanan ke alam baka dengan banyak jiwa lain dari pertempuran dan menemukan tempat yang luar biasa dengan empat lubang misterius.