Sejarah Barbie Ken Dibuat, Terinspirasi dari Anaknya Pencipta

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 22 Juli 2023 | 15:00 WIB
Sejarah Barbie Ken punya kisah menarik. Dalam film live action Barbie, Ken diperankan oleh Ryan Gosling. (Warner Bros Picture)

Nationalgeographic.co.idKen adalah boneka yang dikenal sebagai pasangan Barbie. Dalam film live action Barbie, Ken diperankan oleh Ryan Gosling. Bagaimana sejarah Barbie Ken tercipta?

Kenneth Sean Carson masuk ke rak-rak toko mainan pada Maret 1961, dua tahun setelah Mattel merilis boneka Barbie pertama.

Ken diciptakan sebagai pasangan pria dan pendamping Barbie. Penciptanya, Ruth Handler, penemu boneka fesyen mononim yang ikonik.

Nama Barbie Ken juga terinspirasi dari nama putranya Ken, yang kini telah meninggal dunia akibat kanker otak pada 1994.

Ruth mendirikan dan menjalankan Mattel sampai tahun 1975 dengan suaminya, Elliot. Sejarah di balik Barbie Ken dibuat sebagai tanggapan atas mereka yang menulis keluhan Mattel tentang kelajangan Barbie.

"Ken diciptakan setelah Barbie, untuk memoles posisi Barbie di mata kita dan di dunia," kata Gerwig dikutip Vogue.

Ken memiliki tinggi dua belas inci, setengah inci lebih tinggi dari Barbie. Handler dan desainer Charlotte Johnson ingin Ken menonjol dari Barbie dengan cara lain juga.

Keduanya menganjurkan agar Ken memiliki semacam alat kelamin, "jika tidak ada penis yang sebenarnya, setidaknya ada 'tonjolan' di celananya."

Tubuh Ken yang halus adalah kompromi yang dicapai kedua belah pihak. Boneka Ken pertama mengenakan pakaian renang merah dan sandal gabus. Meskipun demikian, ia terlihat seperti tidak menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari.

Sejak Ken dirilis, dia memiliki lebih dari seratus penampilan berbeda yang lebih sering melengkapi Barbie dengan sempurna.

Ken memulai debutnya dengan rambut pirang dan tubuh kecokelatan yang menjadi ciri khasnya pada 1979. Penandanya saat rilis "Sun Lovin: Malibu Ken".

Tiga tahun kemudian, Mattel merilis boneka Ken Afrika-Amerika pertama. Akan tetapi, baru pada 2021 perusahaan tersebut merilis lini boneka Ken yang paling beragam.