Naiad, Bidadari yang Disukai Para Dewa dan Manusia di Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 23 Juli 2023 | 12:30 WIB
Naiad dalam mitologi Yunani adalah salah satu bidadari air yang mengalir. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Naiad dalam mitologi Yunani adalah salah satu bidadari air yang mengalir. Naiad, tepat dalam hubungannya dengan air tawar, direpresentasikan sebagai orang yang cantik, periang, dan dermawan. Seperti kelas nimfa lainnya, mereka berumur panjang, meski tidak abadi. 

Naiad terbagi pada jenis air yang mereka sebut rumah. Pegaia mendiami mata air dan sumur, krenaia membuat rumahnya di air mancur, potameida dapat ditemukan di sungai, limnades mendiami danau dan heleionomai hidup di lahan basah dan rawa-rawa.

Para wanita mempesona ini sangat terikat dengan rumah mereka, dan jika sebuah kota kebetulan muncul di dekat perairan mereka, mereka akan memberikan berkah dan perlindungan ke kota tersebut selama penduduknya tidak menyinggung perasaan mereka. 

Naiad adalah wanita muda yang sangat cantik, tinggi, anggun dengan rambut tergerai. Mereka suka berkeliaran tanpa pakaian, dan banyak pria baik dewa maupun manusia yang tertarik pada mereka.

Naiad ada di puncak keabadian. Selama air rumah mereka kuat, mereka tetap muda, cantik, gembira, dan bersemangat. Namun, jika air mereka menipis, kekuatan mereka akan hilang dari mereka.

Sama seperti Naiad mendapatkan kekuatan dari rumah mereka yang berair, air tempat tinggal seorang Naiad dikatakan menyerap beberapa kualitas magisnya. Air dari rumah seorang Naiad dapat menyembuhkan orang sakit, menginspirasi para penyair dan nabi, dan membawa kesuburan bagi wanita muda atau tanaman.

Pada tingkat yang lebih mendasar, air Naiad biasanya merupakan sumber air tawar terbaik yang tersedia di kota; itu adalah arus pemberi kehidupan di mana peradaban dibangun. Kota sering dinamai untuk menghormati Naiad setempat, dan kuil serta persembahan dibuat untuk menjaga semangatnya, sehingga dia akan terus memberkati airnya.

Jika seorang Naiad diprovokasi, kemarahannya tercermin di perairannya. Dia bisa membuat air mendidih dengan panasnya amarahnya, dan dia bisa melepaskan banjir bandang atau kekeringan pada musuhnya.

Dia juga bisa mengubah kualitas airnya, membuatnya kuning dan celaka dengan belerang, atau putih dan manis, seperti susu. Kadang-kadang, dia mungkin melakukan transfigurasi yang lebih besar seperti menyembunyikan kekasih dengan mengubahnya menjadi gema atau menyembunyikan dirinya dengan berubah menjadi arus.

Untungnya, Naiad, sebagian besar adalah roh yang baik dan mengasuh, bahkan jika mereka jatuh dan keluar dari romansa yang dramatis. Karena kelembutan dan kegemarannya pada kecantikan dan kesehatan, mereka sering menjadi pengasuh para dewa dan anak para dewa. Dionysos, Hera, Adonis, dan Achilles semuanya dihadiri oleh Naiad selama tahun-tahun awal kehidupan mereka yang lembut.

Naiad hanyalah salah satu dari beberapa ras roh air Yunani. Sama seperti Naiads yang hidup dan memperhatikan air tawar, Oceanids menghuni air asin dan Nereids hidup secara khusus di Mediterania.

Ada juga dewa sungai yang mengatur sungai terbesar di Yunani. Dewa-dewa ini bukanlah Naiad, tetapi mereka adalah ayah dari banyak Naiad cantik yang tinggal di sungai dan mata air yang lebih kecil.