Sleipnir, Kuda Berkaki Delapan Milik Dewa Odin di Mitologi Nordik

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 24 Juli 2023 | 07:00 WIB
Sleipnir adalah kuda gagah berkaki delapan milik dewa Odin dalam mitologi Nordik (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Sleipnir adalah kuda gagah Odin dalam mitologi Nordik.  Dia membawa pemimpin dewa Nordik dalam banyak pencarian, dan tidak pernah gagal membuat orang biasa terpesona oleh kekuatan dan kecepatannya.

Sleipnir adalah kuda besar berotot dengan delapan kaki, bukan empat. Kaki ekstranya digabungkan dengan kaki biasa, tumbuh dari bahu dan pahanya.

Dalam beberapa penggambaran Odin mengendarai Sleipnir, kaki ekstra kuda perkasa itu dibelenggu ke kaki biasa di lutut. Karya seni lainnya menunjukkan dia menggunakan semua kakinya secara mandiri. 

Mantel Sleipnir berwarna abu-abu seperti awan petir, dan surai serta ekornya berwarna abu-abu gelap. Dalam satu cerita, seorang Valkyrie mengamanatkan bahwa rune Norse harus diukir di gigi Sleipnir.

Sleipnir adalah yang terbaik di antara kuda. Dia dapat berpacu lebih cepat, melompat lebih tinggi, menendang lebih keras, dan meringkik lebih keras daripada kuda lainnya. Kekuatannya tidak ada bandingannya, dan hatinya tidak mengenal rasa takut. 

Selain melesat di atas tanah, kuda perkasa milik Odin juga bisa terbang di udara dan berenang di air.

Tidak ada elemen yang memperlambatnya. Terkenal, dia bahkan mampu membawa Odin dengan aman masuk dan keluar dari Hel, alam kematian. 

Silsilah Sleipnir menjelaskan bentuknya yang aneh dan kekuatannya yang luar biasa. Dia adalah anak dari Loki dan Svaoilfari, seekor kuda jantan raksasa yang dipekerjakan dalam membangun benteng untuk para dewa dalam mitologi Nordik.

Loki, dalam bentuk kuda betina, dihamili oleh Svaoilfair dan kemudian melahirkan Sleipnir. Meskipun merupakan produk dari dewa licik Loki dan seekor kuda jantan milik ras raksasa yang dibuang, Sleipnir diterima oleh barang-barang Norse dan terbukti menjadi sekutu yang berhati mulia.

Sleipnir kemudian memiliki anak sendiri, seekor kuda jantan muda yang luar biasa bernama Grani.

Grani menyerupai ayahnya dalam ukuran, warna, dan kekuatan, tetapi dia tidak memiliki delapan kaki dalam mitologi Nordik.

Beberapa sarjana berspekulasi bahwa Sleipnir adalah salah satu fylgur Odin. Dia adalah hewan roh yang memanifestasikan karakter Odin yang sebenarnya kepada orang lain dan yang muncul di hadapan dewa itu sendiri. Hal itu sebagai pertanda sebelum peristiwa yang ditakdirkan.