Di Balik Sejarah Mesir Kuno, Kucing hingga Buaya Jadi Kultus Pemujaan

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 29 Juli 2023 | 18:30 WIB
Hewan disembah sebagai dewa dalam sejarah Mesir kuno. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id – Orang Mesir kuno adalah pencinta binatang. Mereka menyambah kucing hingga buaya sebagai dewa. Dalam sejarah Mesir kuno, pernyataan tersebut didasarkan pada sejumlah faktor, seperti dewa berkepala binatang dan jumlah hewan mumi yang ditemukan dalam catatan arkeologi. 

Di sejarah Mesir kuno, kucing ditempatkan di rumah sebagai hewan peliharaan untuk menjauhkan tikus, ular, dari rumah dan penyimpanan biji-bijian. Anjing digunakan untuk membantu berburu mangsa kecil di gurun dan rawa-rawa.

Banyak dewa Mesir, diwakili dengan kepala binatang atau seluruhnya dalam bentuk binatang. Misalnya Khepri, terkadang digambarkan dengan kepala kumbang, Bastet dengan kepala kucing, Sekhmet dengan kepala singa betina, Hathor dengan kepala sapi atau hanya telinga sapi, dan Horus dengan kepala elang. Namun, mereka semua juga ditampilkan di lain waktu dalam wujud manusia sepenuhnya.

Ketika seorang dewa digambarkan dengan kepala binatang, ini melambangkan bahwa mereka sedang menampilkan ciri-ciri atau perilaku binatang itu, pada saat itu.

Sobek

Sobek adalah dewa buaya, putra dewi Neith. Dia adalah simbol kekuatan dan kekuatan raja, dewa air dan kesuburan, kemudian menjadi dewa primordial dan pencipta.

Buaya Nil hidup berlimpah di Sungai Nil Mesir dan dapat tumbuh hingga enam meter panjangnya. Bahkan di dunia modern mereka bertanggung jawab atas lebih banyak kematian manusia di Sungai Nil daripada makhluk lainnya.

Karena orang Mesir kuno bergantung pada Sungai Nil untuk air, makanan, transportasi, dan penatu, buaya adalah ancaman yang sangat nyata dan bagian dari pemujaan Sobek dilakukan untuk mempertahankan diri. 

Sobek disembah dari Periode Pra-Dinasti (pra-3150 SM). Ada banyak tempat suci di sekitar Mesir yang didedikasikan untuk Sobek meskipun sebagian besar terletak di Faiyum dengan kuil utama di Kom Ombo terletak di antara Aswan dan Edfu di selatan Mesir.

Ada banyak bukti dari Kerajaan Baru (1570-1070 SM) dan seterusnya yang menunjukkan bahwa buaya dibiakkan secara khusus di dalam kuil. Di Kom Ombo, misalnya ada danau kecil tempat penangkaran buaya.

Buaya-buaya ini tidak dibesarkan dengan tujuan untuk menjalani kehidupan yang dimanjakan, tetapi untuk disembelih sehingga mereka dapat dimumikan dan dipersembahkan kepada dewa sebagai persembahan nazar.

Ribuan mumi buaya telah ditemukan di kuburan khusus di Tebtunis, Hawara, Lahun, Thebes, dan Medinet Nahas, yang mencakup buaya dewasa dan remaja serta telur yang belum menetas.