Hubungan Mengejutkan Hercules Mitologi Yunani dengan Dewa Mesir Shu

By Ricky Jenihansen, Minggu, 30 Juli 2023 | 09:00 WIB
Patung Hercules dan Cacus. Hercules, adalah salah satu pahlawan paling terkenal dalam mitologi Yunani. (Adobe Stock)

Nationalgeographic.co.id – Heracles, lebih sering disebut Hercules, adalah salah satu pahlawan paling terkenal dalam mitologi Yunani. Dia adalah pahlawan dengan kekuatan super yang melakukan dua belas pekerjaan yang tampaknya mustahil.

Namun, menurut catatan Yunani kuno, Hercules memiliki hubungan yang mengejutkan dengan dewa Mesir. Dan tak satu pun dari kisah tentang kisah Hercules yang mendekati kisah kontemporer.

Semuanya ditulis jauh setelah Hercules diduga hidup, dan mengandung unsur-unsur fantastik. Ini membuat mereka menjadi legenda.

Tidak jarang legenda tentang satu orang terkenal memiliki beberapa detail dari kehidupan orang terkenal lainnya yang tercampur, terutama jika kedua orang tersebut memiliki nama yang sama.

Menurut catatan Yunani kuno, itulah yang terjadi dengan Hercules dalam mitologi Yunani.

Lebih dari Satu Hercules?

Sejarawan Yunani Herodotus adalah orang pertama yang mengklaim bahwa ada lebih dari satu Hercules.

Dia menyatakan bahwa Hercules 'adalah dewa Mesir kuno', tetapi ini adalah orang yang berbeda dari Hercules yang dikenal oleh orang Yunani. Herodotus menjelaskan bahwa dewa dalam mitologi Mesir ini hidup jauh lebih awal dari pahlawan Yunani.

Belakangan, sejarawan Yunani Diodorus mengklaim bahwa setidaknya ada tiga pahlawan yang disebut Hercules. Seperti Herodotus, Diodorus mengatakan bahwa yang tertua adalah dewa Mesir, dan yang termuda adalah pahlawan Yunani.

Di antara mereka, Diodorus mengatakan bahwa ada Hercules dari Kreta. Sang penulis kemudian menghitung lebih banyak lagi. Ada kebingungan Antara Hercules dalam mitologi Yunani dan Dewa Mesir.

Patung Hercules dan Cerberus anjing berkepala tiga dalam mitologi Yunani yang ada di Michaelerplatz, Wina. (Jeroen van Luin / Flickr)

Herodotus menyatakan bahwa nama pahlawan Yunani, Hercules, berasal dari mitologi Mesir. Namun Diodorus melangkah lebih jauh. Menurutnya, banyak legenda Yunani tentang Hercules sebenarnya berasal dari dewa Mesir ini.