Valkyrie: Sang Dewi Perang Berparas Cantik dalam Mitologi Nordik

By Tri Wahyu Prasetyo, Minggu, 30 Juli 2023 | 11:00 WIB
Ilustrasi Valkyrie sang Dewi medan perang dalam Mitologi Nordik. (lifeinnorway)

Nationalgeographic.co.id – Kisah Valkyrie adalah salah satu cerita yang paling abadi dari Era Nordik. Dewi perang ini telah menjadi bagian populer dari mitologi Nordik selama berabad-abad. Dia juga telah mengilhami berbagai karya sastra dan seni hingga saat ini.

Valkyrie biasanya digambarkan sebagai wanita prajurit yang menakutkan namun berparas cantik. Dia terbang di atas medan perang dan menukik ke bawah untuk memilih prajurit yang paling berani dan paling mulia di saat kematiannya.

“Para pejuang yang terpilih ini kemudian dibawa ke Valhalla, surga bagi mereka yang meninggal dalam pertempuran, tempat mereka akan bertarung dan berpesta sampai Ragnarok,” tulis Mike Greenberg di laman Mythology Source.

Mike merupakan seorang penulis sekaligus akademisi yang telah lama jatuh cinta pada kisah-kisah mitologi di seluruh dunia.

Asal-usul Valkyrie dalam Mitologi Nordik

Valkyrie memiliki latar belakang yang kompleks. Pada umumnya dewa-dewi dalam mitologi Nordik dibagi ke dalam dua faksi; Aesir dan Vanir. Namun semua Valkyrie tidak masuk ke dalam dua faksi tersebut.

Ada salah satu dari mereka yang menempati jajaran diantara faksi Aesir dan Vanir. Namun, Mike menjelaskan, “beberapa dari mereka disebut jotnar, terkadang mereka adalah elf, dan salah satunya mungkin adalah putri Thor.”

Terdapat beberapa teks yang mengklaim ada 29 Valkyrie, dengan persona yang berbeda-beda. Dari nama-nama ini, ada kemungkinan bahwa mereka bukan karakter yang sepenuhnya berwujud. 

Sebaliknya, beberapa ahli melihat Valkyrie mirip dengan daimon Yunani yang merupakan personifikasi dari sebuah fungsi dengan sedikit kepribadian atau karakterisasi individu.

Nama-nama Valkyrie diyakini oleh banyak orang sebagai tokoh yang muncul belakangan. Beberapa ahli berpendapat bahwa nama-nama tersebut sebagian besar merupakan hasil kreativitas puitis.

Menurut ahli, Valkyrie yang asli adalah sosok yang jauh lebih mengintimidasi daripada gadis-gadis cantik seperti yang sering digambarkan.

Salah satu prasasti rahasia, misalnya, menggambarkan sesosok Valkyrie sebagai "wanita jahat" yang harus dijauhkan. Beberapa sumber juga melihat Valkyrie sebagai makhluk seperti Fury yang akan mengincar manusia untuk membalas dendam atau kedengkian.