Kraken dalam Mitologi Yunani Ternyata Berasal dari Folklor Skandinavia

By Ricky Jenihansen, Minggu, 13 Agustus 2023 | 09:00 WIB
Penggambaran monster lalut raksasa Kraken dalam mitologi Yunani. (Edgar Etherington)

Nationalgeographic.co.idKraken adalah monster laut raksasa yang terbesar yang pernah dibayangkan oleh manusia. Kraken sangat terkenal dan selalu dikaitkan dengan mitologi Yunani.

Asosiasi itu berasal dari fakta bahwa ia ditampilkan dalam film klasik Clash of the Titans dari tahun 1981. Setelah pembuatan ulang pada tahun 2010, Kraken selalu dikaitkan dengan mitologi Yunani hingga saat ini.

Namun, apakah Kraken benar-benar monster laut dari mitologi Yunani? Ternyata Kraken memiliki akar budaya yang berbeda, meski memang selalu dikaitkan dengan mitologi Yunani karena Clash of the Titans.

Kraken di Clash of the TitansPada Clash of the Titans 1981, Kraken muncul di akhir film. Kraken adalah antagonis utama dalam film Clash of the Titans tahun 1981, dan remake tahun 2010 dengan nama yang sama.

Kraken adalah monster laut raksasa dengan ukuran dan kekuatan yang luar biasa. Kraken adalah monster terakhir yang harus dikalahkan oleh Perseus, sang karakter utama.

Kraken lahir dari titans bernama Oceanus dan Ceto, keduanya entitas laut. Tentakelnya cukup besar untuk dapat menarik seluruh kapal di bawah air dan menghancurkan kota dengan relatif mudah.

Makhluk itu memiliki daya tahan yang sebanding dengan kekuatannya. Dan selain tentakel, dia dipersenjatai dengan rahang menganga penuh dengan banyak gigi tajam.

Dengan banyaknya tentakel yang Kraken miliki, memberinya kecepatan luar biasa dalam berenang. Kraken adalah titan besar terakhir dalam mitologi Yunani dan monster mematikan dari laut

Ia diperintahkan untuk menghancurkan kota-kota di Yunani Kuno atas perintah para Dewa mitologi Yunani. Dengan mengangkat dan kemudian menceburkan tubuhnya ke laut, ia dapat menimbulkan gelombang besar yang membanjiri kota-kota pesisir.

Kraken memiliki peran utama dalam film Clash of the Titans pada tahun 1981, jauh lebih banyak daripada dalam mitologi aslinya.

Dalam film itu, Kraken adalah hewan peliharaan Poseidon. Namun Zeus memerintahkannya untuk menghancurkan Argos untuk menghukum Acrisius, raja Argos, karena membuang istrinya dan Perseus ke laut.

Dewa Zeus memerintahkan Poseidon untuk melepaskan Kraken. Dia melakukan ini karena Raja Acrisius dari Argos telah sangat menyinggung perasaannya. Oleh karena itu, dia mengirimkan Kraken.