Succubus, Iblis Seksi Penggoda Pria dalam Mitologi Abad Pertengahan

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 14 Agustus 2023 | 12:00 WIB
Succubus adalah iblis wanita penggoda pria yang mematikan. (Medium)

Nationalgeographic.co.id—Succubus adalah iblis penggoda yang menyukai laki-laki. Dia adalah makhluk mitologi yang berasal dari Abad Pertengahan yang cerdas, seksi, dan berpotensi mematikan. 

Digambarkan sebagai wanita yang menggairahkan, rambut panjang bergelombang, kulit halus, dan lekuk tubuh yang sempurna. Mereka mengenakan kostum kulit yang minim untuk memamerkan tubuh mereka.

Sayap kelelawar, ekor berduri, tanduk melengkung, dan mata bercahaya semuanya umum di antara Succubus modern.

Succubus dalah makhluk pintar yang bisa menggoda pria dengan kata-kata mereka sebanyak tubuh mereka. Mereka bisa mendominasi dan pendendam jika diremehkan, tetapi pada akhirnya mereka bangga dengan kemampuan mereka untuk menyenangkan dan memanipulasi laki-laki.

Nenek moyang Succubus hari ini, memiliki kepribadian seburuk penampilan mereka. Mereka licik, mengendalikan, dan jahat. Meskipun gila seks, mereka tidak tertarik untuk menyenangkan pria.

Sebaliknya, mereka menggunakan seks untuk tujuan mereka sendiri—untuk menyenangkan diri mereka sendiri, untuk merusak orang saleh, untuk mendapatkan kekuatan hidup, atau bahkan untuk memiliki anak! 

Mustahil untuk membahas Succubus tanpa menyebut rekannya dalam kejahatan, Incubus. Incubus adalah setan seks laki-laki, dikatakan menyerang perempuan pada malam hari. Karena iblis tidak dapat bereproduksi sendiri, Succubus dan Incubus bekerja sama untuk menghasilkan keturunan.

Succubus mengumpulkan air mani dari pertemuan mereka dengan laki-laki, lalu meneruskannya ke Incubus yang menggunakannya untuk menghamili wanita. Ketika anak disebut cambion lahir, ia memiliki karakteristik setan berkat sentuhan Succubus dan Incubus.

Kedua setan seks ini memiliki banyak kesamaan dan hubungan kerja yang erat. Akan tetapi beberapa sarjana telah menyarankan hubungan yang lebih dalam yaitu Succubus dan Incubus sebenarnya adalah makhluk yang sama. Mereka dapat beralih antara bentuk perempuan dan laki-laki, menurut pasangan seksual mereka.

Lilith

Mungkin penggoda paling terkenal sepanjang masa, Lilith dikenal sebagai ibu dari semua Succubus. Dia muncul dalam mitologi Sumeria, Mesir, Yunani, Romawi, Yahudi, dan Kristen.

Lilith pertama kali muncul dalam budaya Sumeria sebagai dewi kesuburan dan sihir. Belakangan, orang Asiria dan Babilonia mengasosiasikannya dengan setan gelap.