Dunia Hewan: Apa yang Terjadi Jika Kuda Tidak Memakai Sepatu?

By Ricky Jenihansen, Jumat, 18 Agustus 2023 | 11:00 WIB
Di dunia hewan, kuda adalah simbol kekuatan dan kecepatan. (Sombrero)

Nationalgeographic.co.id—Kuda (Equus caballus) adalah salah satu spesies di dunia hewan yang telah didomestikasi ribuan tahun. Kuda telah menjadi transportasi bagi manusia dan pertanian selama berabad-abad.

Di dunia hewan, kuda adalah simbol kekuatan dan kecepatan. Namun demikian, kuda adalah salah satu hewan yang membutuhkan perawatan yang intensif. Kuku mereka harus dirawat dan harus memakai sepatu baru setiap empat hingga enam minggu agar tetap bekerja.

Tapi mengapa kuda memerlukan sepatu? Bagaimana dengan kuda liar yang tidak dalam perawatan manusia? Apa yang terjadi jika kuda tidak memakai sepatu?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kita sepertinya perlu memahami alasan kuda memakai sepatu. Kita juga perlu mengetahui bagaimana kuda didomestikasi atau dijinakkan untuk kepentingan manusia.

Fernanda Camargo, seorang dokter hewan dan agen penyuluh kuda di University of Kentucky mengatakan, bahwa kuda yang didomestikasi memang harus memakai sepatu.

Ia mengatakan, kuda yang dijinakkan dari dunia hewan untuk digunakan manusia, dibiakkan secara selektif. Mereka dibiakkan untuk memakai sepatu kinerja karena kaki mereka halus dan karenanya membutuhkan perlindungan.

"Sepatu kuda memberikan perlindungan pada beberapa area kaki kuda," kata Camargo kepada Live Science melalui email. "Mereka mencegah kuku terlalu lelah, dan karenanya menjadi sensitif."

Bagian luar kuku, yang dikenal sebagai wall atau dinding kuku, terbuat dari bahan seperti tanduk yang tumbuh terus menerus dan harus dipotong, seperti kuku seseorang, menurut University of Missouri Extension.

"Sepatu kuda juga membantu kaki mempertahankan bentuk yang tepat," kata Camargo.

Namun, medan yang kasar, seperti pasir dan bebatuan, dapat menyebabkan bagian luarnya aus.

Domestikasi kuda telah berlangsung ribuan tahun. (Horse web)

Akibatnya, hal itu dapat memperlihatkan kuku bagian dalam yang sensitif. Kemudian, kuda tersebut mengalami rasa sakit dan mungkin tidak dapat berjalan.