Balas Dendam Hera terhadap Para Selingkuhan Zeus di Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 20 Agustus 2023 | 13:00 WIB
Zeus dikenal sebagai dewa petir yang memiliki banyak selingkuhan sehingga membuat istrinya, Hera murka di mitologi Yunani. (The Collector)

Nationalgeographic.co.idHera adalah ratu Olympus, istri Zeus dalam mitologi Yunani. Dia adalah dewa pernikahan yang diasosiasikan dengan keluarga, wanita, dan anak-anak.

Namun, Hera dan Zeus tidak memiliki pernikahan harmonis. Zeus sering selingkuh hingga membuat Hera cemburu dan murka. Apa saja balas dendam yang dilakukan Hera?

Alcmene dan Heracles

Salah satu kisah kecemburuan Hera yang paling terkenal adalah pelecehannya terhadap Heracles atau Hercules di mitologi Yunani.

Ketika Alcmene melahirkan, Zeus menyatakan bahwa anak berikutnya yang lahir dari garis keturunan Alcmene akan menjadi raja yang hebat. Hera dengan bantuan putrinya, dewi persalinan Eileithyia, menyebabkan persalinan Alcmene diperpanjang dengan menyakitkan.

Alcmene kemudian melahirkan anak kembar, dengan satu anak laki-laki adalah putra Zeus dan yang lainnya adalah anak yang sepenuhnya fana dari pria yang dinikahinya. Hera tidak tahu anak laki-laki yang mana, jadi dia berusaha membunuh mereka berdua.

Hera mengirim dua ular besar ke tempat tidur kedua anak laki-laki itu ketika mereka baru berusia beberapa bulan. Salah satunya ditemukan sebagai putra Zeus ketika dia menangkap ular dan mencekiknya sementara saudara laki-lakinya menangis.

Bayi itu diberi nama Heracles, sebagai upaya untuk menenangkan kemarahan ibu tirinya. Namun, ini tidak membuahkan hasil, dan Hera akan terus menyiksa Heracles selama sisa hidupnya.

Ketika Heracles tumbuh dewasa, Hera membuatnya gila. Dalam kegilaan, Heracles membunuh istri dan anak-anaknya sendiri.

Ketika kewarasannya dipulihkan, Heracles mengunjungi seorang peramal untuk mencari tahu bagaimana dia bisa menebus dosanya. Peramal itu memerintahkannya untuk melayani sepupunya, Raja Eurystheus, selama sepuluh tahun.

Apa yang tidak diketahui Heracles adalah bahwa raja tersebut melayani Hera. Eurystheus dan Hera akan menghabiskan dekade berikutnya mengirim Heracles untuk tugas yang semakin sulit dan berbahaya.

Dua belas pekerjaan Heracles dirancang oleh Hera menjadi sangat tidak mungkin sehingga Heracles tidak mungkin bertahan dari pekerjaan itu. Untuk membuat pekerjaan itu lebih sulit, Hera terkadang ikut campur secara langsung.