Membongkar Sejarah Ninja Kekaisaran Jepang Sebenarnya, Seperti Apa?

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 21 Agustus 2023 | 09:00 WIB
Ninja dalam catatan sejarah Kekaisaran Jepang disebut sebagai Shinobi. (Varavin88)

Nationalgeographic.co.id—Ketika Anda bertanya kepada orang-orang apa yang mereka ketahui tentang Kekaisaran Jepang, salah satu jawaban paling umum yang diberikan adalah ninja

Sebagian besar dari apa yang kita ketahui tentang ninja Kekaisaran Jepang, nyatanya tidak didasarkan pada fakta. Penggambaran ninja yang umum diketahui sangat dipengaruhi oleh sastra, komik, dan film abad ke-20.

Dalam catatan sejarah Kekaisaran Jepang, ninja disebut sebagai Shinobi atau Shinobi-no-mono. Faktanya, kata Shinobi atau Shinobi-no-mono, mendahului kata ninja itu sendiri. Kurang lebih berarti mencuri atau bersembunyi, dengan mono yang berarti orang. 

Kata ninja berasal dari bagaimana karakter kanji Jepang dibaca dalam bahasa Tiongkok dan baru digunakan pada abad ke-21.

Catatan ninja pertama berasal dari tahun 1375. Penggunaan spionase dipandang rendah dalam masyarakat Jepang untuk waktu yang lama dan baru benar-benar mulai berkembang pada abad ke-13, sehingga upaya sebelumnya tidak pernah dicatat.

Hal tersebut membuat ninja mengharuskan menyelinap ke wilayah musuh. Karena kebutuhan, mereka mengembangkan keterampilan dan taktik untuk menyelinap masuk dan keluar tanpa terdeteksi. Contoh terbaik adalah metode mereka berjalan diam-diam.

Referensi eksplisit paling awal tentang ninja berasal dari epik perang Jepang Taiheiki, di mana ninja yang sangat terampil menghancurkan sebuah kastil. 

Sekitar seratus tahun kemudian, spionase terjadi di Jepang, dengan ninja di garis depan. Praktik ninja yang dipertanyakan dipandang rendah oleh samurai sejati, yang menghormati kehormatan di atas segalanya.

Pada saat yang sama, selalu ada pekerjaan kotor yang harus dilakukan. Jadi samurai Kekaisaran Jepang senang karena ada orang lain yang siap melakukannya.

Faktanya, bukan hal yang aneh bagi samurai Kekaisaran Jepang untuk langsung mempekerjakan ninja untuk melakukan pekerjaan yang sebaliknya akan membawa aib samurai.

Ninja paling profesional berasal dari salah satu dari dua klan. Pada abad ke-15, desa-desa di dua wilayah, Iga dan Kōga, mulai berspesialisasi dalam jalur ninja.

Keluarga ninja multi-generasi muncul dan membuat nama mereka sebagai ninja paling profesional.