Kisah Zeus Menjebak Alcmene Hingga Lahir Hercules di Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 28 Agustus 2023 | 08:00 WIB
Kisah Alcmene dijebak oleh Zeus karena menyamar menjadi suaminya sendiri, Amphitryon hingga mempunyai anak Hercules di mitologi Yunani. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Alcmene adalah seorang wanita cantik fana yang juga merupakan cucu dari dewa, Perseus dalam mitologi Yunani. Dia juga dikenal karena kisah cintanya dengan Zeus hingga mempunyai anak bernama Hercules. Alcmene dijebak oleh Zeus karena menyamar menjadi suaminya sendiri, Amphitryon.

Perseus dan istrinya Andromeda memiliki seorang putra bernama Electryon yang merupakan Raja Tiryns dan Mycenae. Ada berbagai versi mengenai siapa ibu Alcmene, tetapi benang merah yang paling umum adalah bahwa dia adalah putri Electryon dan istrinya, Anaxo.

Electryon adalah seorang Raja dan satu-satunya setengah dewa (ayahnya Perseus adalah seorang setengah dewa dan ibunya Andromeda adalah manusia), Alceme, putrinya adalah seorang putri manusia mengingat ibunya juga manusia.

Menurut Hesiod, seorang penyair Yunani terkenal yang hidup pada zaman Homer, Alcmene adalah wanita tertinggi dan tercantik di seluruh Yunani. Dia dikenal karena kebijaksanaannya, yang melampaui wanita mana pun yang lahir dari orang tua fana. Dia dikatakan memiliki wajah dan mata gelap yang sama menawannya dengan Aphrodite (dewi cinta) sendiri.

Alcmene menikah dengan Amphitryon, yang kebetulan adalah seorang Pangeran dan putra Alcaeus, Raja Tiryns. Beberapa waktu kemudian, Amphitryon secara tidak sengaja membunuh ayah mertuanya ketika dia melemparkan pentungan ke seekor sapi yang tidak patuh hingga memantul dari sapi tersebut dan mengenai Electryon sehingga membunuhnya. Amphitryon kemudian dibuang ke Thebes oleh Sthenelus, salah satu saudara laki-laki Electryon.

Kelahiran Hercules