Kisah Firaun Ramses II yang Punya 100 Anak dalam Sejarah Mesir Kuno

By Sysilia Tanhati, Sabtu, 26 Agustus 2023 | 09:00 WIB
Dalam sejarah Mesir kuno, Ramses II merupakan firaun yang legendaris. Kisah hidupnya terus digali untuk memenuhi rasa ingin tahu para pencinta Mesir kuno. (Vivek Venkatesan)

Nationalgeographic.co.id—Dalam sejarah Mesir kuno, Ramses II merupakan firaun yang legendaris. Kisah hidupnya terus digali untuk memenuhi rasa ingin tahu para pencinta Mesir kuno.

Memiliki gelar Ramses Agung, firaun ini meninggalkan serangkaian karya monumental yang menunjukkan kesuksesannya dalam memimpin. Ia termasuk sebagai salah satu firaun yang paling sukses dalam sejarah Mesir kuno.

Ramses hidup sekitar 90 tahun dan memerintah selama hampir 70 tahun. Berkat pembangunan istana dan monumen, para ahli mengetahui banyak tentang pencapaiannya dan sejarah Mesir kuno.

Selain itu, Ramses II dikenal memiliki banyak istri dan selir. Dari mereka, ada sekitar 100 putra dan putri Ramses II. Memiliki begitu banyak keturunan, apakah sang firaun menghadapi masalah dengan garis suksesi?

Istri kerajaan yang hebat

Salah satu aspek yang paling mencolok dari kisah Ramses II adalah para wanita yang mengelilinginya. Ia memiliki istri-istri dan selir-selir kerajaan, juga anak-anak perempuan. “Sebagian istri dan selir dinikahinya dengan tujuan politik,” tulis Maite Mascort di laman National Geographic.

Para istri dan selir melahirkan putra dan putri dalam jumlah yang luar biasa banyak dalam sejarah Mesir kuno. Beberapa catatan menyebutkan sebanyak seratus. Karena masa pemerintahannya yang panjang, banyak anak-anaknya yang lebih dulu meninggal dunia.

Dari seluruh istrinya, hanya dua yang diketahui memiliki peran penting. Mereka adalah Nefertari dan Isetnofret, dua istri pertama yang disebut sebagai Istri Agung Kerajaan.

Berbeda dengan Ramses II, hanya sedikit yang diketahui tentang sosok Istri Agung Kerajaan. “Seolah-olah Ramses ingin menyembunyikan keberadaan mereka," tambah Mascort.

Ketika menjadi wakil penguasa bersama ayahnya, Seti I, Ramses II menerima sebuah istana di Memphis. Selain itu, ia juga mendapatkan sebuah harem besar, termasuk dua Istri Agung Kerajaan.

Asal usul Nefertari dan Isetnofret tidak diketahui, namun hal itu tidak menghalangi spekulasi tentang mereka. Fakta-fakta menunjukkan bahwa Nefertari adalah istri kesayangan Ramses II. Kecantikannya dibuktikan pada patung dan lukisan di makamnya di Lembah Para Ratu.

Namun, tidak diketahui secara pasti seperti apa rupanya sebenarnya. Pasalnya, beberapa lukisan menimbulkan keraguan tentang siapa yang digambarkan. Misalnya, di Karnak, patung kecil Nefetari berdiri di kaki patung raksasa yang melambangkan Ramses II, suaminya.