Kisah Pazuzu, Malaikat yang Menjadi Iblis dalam Mitologi Sumeria

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 29 Agustus 2023 | 08:00 WIB
Pazuzu adalah iblis menakutkan dalam mitologi Sumeria. (World History)

Nationalgeographic.co.id—Pazuzu adalah iblis dalam mitologi Sumeria. Meskipun Pazuzu dianggap sebagai iblis yang menakutkan, ia juga dipandang sebagai pelindung terhadap kejahatan tertentu.

Dalam budaya mereka, iblis adalah entitas jahat, meskipun itu tidak berarti semua tindakan mereka bersifat jahat. Karena itu, Pazuzu bisa saja ada sebagai roh pelindung juga.

Transformasi Pazuzu

Ketika umat Kristiani diperkenalkan dengan mitologi Sumeria, mereka menciptakan alur cerita alternatif. Karena agama mereka hanya memiliki satu Tuhan baik hati, semua roh iblis perlu ditampilkan sebagai entitas jahat yang tujuan utamanya adalah untuk merusak mereka yang melayani Tuhan. Saat itulah Pazuzu dikenal sebagai tangan kanan Lucifer.

Dikatakan bahwa keduanya berkonspirasi bersama untuk menggulingkan Tuhan tetapi tidak berhasil dan diusir dari Surga sebagai hukuman. Melalui penafsiran inilah Pazuzu dikenal sebagai malaikat jatuh yang menjelma menjadi iblis.

Meskipun perspektif modern tentang Pazuzu mungkin dibatasi melalui interpretasi Kristen terhadap setan dalam mitologi Sumeria ini, Pazuzu sebenarnya dipandang sebagai setan yang sangat kuat dan terhormat pada masanya. Dia adalah putra Hanbi – dewa kejahatan yang menguasai semua roh jahat. Dia juga saudara Humbaba – roh iblis yang dikenal menjaga Hutan Cedar tempat tinggal para dewa.

Pazuzu Menurut Legenda 

Pazuzu sendiri juga dikenal memiliki sejarah dan daftar kemampuan yang mengesankan. Dia adalah makhluk primordial yang disebut obyrith dan dikatakan sudah ada sebelum keberadaan Abyss itu sendiri.

Dia diketahui menguasai lapisan pertama jurang maut yang disebut Pazunia untuk menghormatinya. Bahkan ada cerita yang menunjukkan bahwa Pazuzu mungkin bertanggung jawab atas penciptaan Abyss melalui manipulasi dewa Tharizdun.

Kekuatan Pazuzu dikenal sangat banyak dan kuat. Dia dikatakan memiliki kendali atas angin barat dan barat daya, yang diperkirakan berasal dari negeri orang mati. Sebagai pengendali angin ini, dia juga memiliki kekuatan untuk mendatangkan penyakit sampar dan kelaparan ke wilayah mana pun yang dia inginkan.

Dia juga diketahui menghirup kawanan belalang dan dapat menciptakan awan beracun dari limbah asam dengan napasnya sesuka hati. Ia juga dikenal memiliki penglihatan rendah cahaya serta blindsight (kemampuan untuk melihat sekeliling tanpa penglihatan visual). Dia berbicara banyak bahasa dan juga dianggap memiliki kemampuan telepati. Pazuzu juga dikenal memiliki pedang besar ajaib yang memberinya ketangkasan dan kecepatan yang mengesankan.

Penting juga untuk dicatat bahwa Pazuzu adalah anggota Anunnaki (dewa yang datang dari langit dan menetap di Bumi). Ia dikenal sebagai bagian dari Sebettu – pengikut dewa perang Nergal yang menggunakan kekuatan mereka untuk menyebarkan kekuatan destruktif seperti kelaparan dan penyakit setelah suatu daerah dirusak oleh kekuatan perang.