Mitologi Yunani: Despoina, Dewi Dipuja oleh Sekte Misteri di Arcadia

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 3 September 2023 | 07:00 WIB
Despoina adalah dewi kesuburan dalam mitologi Yunani kuno. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Despoina bukanlah salah satu dewi paling populer di mitologi Yunani kuno. Dia adalah dewi kesuburan dari sekte misteri yang berpusat di sekitar wilayah Arcadia

Bahkan namanya masih menjadi misteri. Dia dipuja di wilayah terpencil Arcadia dan disebut “Nyonya”. Gelar ini diberikan kepada dewi-dewi lain di seluruh Yunani. Meskipun hanya sedikit peran dan mitologi Despoina yang bertahan, kisah kelahirannya telah diwariskan ke zaman modern.

Menurut misteri Arcadia, Despoina adalah putri Poseidon dan Demeter dalam mitologi Yunani. Dia adalah saudara tiri Persephone, yang oleh para penganut aliran sesat disebut sebagai Kore, atau “Sang Perawan”. 

Legenda mengatakan bahwa sama seperti Zeus pernah menginginkan adiknya, Poseidon ingin menjadikan Demeter kekasihnya. Namun dia menolak ajakannya, dan melarikan diri ke Arcadia untuk menghindarinya. 

Dalam upaya menyembunyikan dirinya, Demeter bersembunyi di antara kawanan kuda milik raja setempat. Dia menyamar di antara kuda-kuda raja, berharap bisa menghindari rayuan kakaknya dalam mitologi Yunani.

Bahkan dalam penyamaran seperti itu, Demeter tidak bisa menyembunyikan keilahiannya. Poseidon segera menemukannya dan Demeter tidak punya cara untuk melarikan diri.

Demeter sangat marah atas penyerangan itu. Dia mundur ke dalam gua untuk melakukan ritual menyucikan dirinya. Dalam kemarahannya, dia tidak peduli dengan dampak yang lebih besar dari hal ini.

Ada versi lain yang menyatakan bahwa serangan Poseidon terjadi ketika Demeter sedang mencari Persephone. Kisah itu juga memasukkan kegagalan panen sebagai bagian dari duka sang dewi, jadi penyebabnya digabungkan oleh penulis non-Arcadian seperti Pausanias.

Dengan berpakaian serba hitam, Demeter menghabiskan waktu berbulan-bulan bersembunyi di dalam gua. Karena ketidakhadirannya, panen mulai gagal. Ketika tanaman mati, ternak kelaparan dan akhirnya populasi manusia di dunia menghadapi kelaparan massal.

Demeter akhirnya muncul dan membasuh kesedihan dan kemarahannya di Sungai Ladon . Bumi pulih dan dia membiarkan biji-bijian tumbuh kembali.

Akibat penyerangannya oleh Poseidon, Demeter melahirkan dua orang anak. Putra mereka Arion adalah kuda abadi, sering kali ditampilkan dengan surai dan ekor hitam. Despoina adalah seorang dewi.

Despoina adalah dewi penting di Arcadia, bahkan mungkin dewa perempuan utama mereka. Kultus misteri mempromosikan pemujaannya, tetapi masyarakat umum juga mengenalinya sebagai tokoh lokal yang penting.