Sesak di Jantung Negara, Masalah Polusi Udara Jakarta yang Belum Usai

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Rabu, 6 September 2023 | 17:00 WIB
Polusi udara di langit Jakarta sempat jadi yang terburuk sedunia selama dua bulan belakangan. Kendaraan pribadi tidak selalu menjadi faktor utamanya, sehingga diperlukan peraturan yang tepat untuk memutus penyebaran polusi. (Kristianto Purnomo/Kompas.com)

Nationalgeographic.co.id—Sudah jadi hal umum bahwa Jakarta adalah kota paling berpolusi di Indonesia. Indeks kualitas udaranya, menurut pantauan IQAir, pada 9 September 2023 memiliki konsentrasi PM2.5 64 miligram per kubik. Angka itu terlampau tinggi dari standar kualitas udara tahunan WHO. Bahkan, polusinya sangat tampak sehingga jadi pembahasan publik pada Juni silam.

Dalam Laporan Inventarisasi Emisi Pencemar Udara DKI Jakarta tahun 2020 oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, kendaraan adalah sumber terbesar polusi udara. Laporan itu membandingkan sumber lainnya seperti industri manufaktur, industri energi atau pembangkit listrik, pemukiman, dan komersial.

Kendaraan menghasilkan 76,793 ton per tahun atau 72,4 persen dari total nitrogen oksida (NOx). Selain kendaraan, sumber emisi lainnya adalah industri yang menghasilkan sulfur dioksida (SO2) sebesar 2.637 ton per tahun.

Kendaraan juga menghasilkan emisi karbon dioksida sebesar 96,36 persen, partikulat PM10 dan PM2.5 masing-masing 57,9 persen dan 67,04 persen, karbon hitam 84,48 persen, dan senyawa organik volatil non-metana (NMVOC) sebesar 98,5 persen.

Kepekatan polusi Jakarta yang disebabkan kendaraan terbukti berkurang drastis pada April 2020. Saat itu, pandemi COVID-19 pertama kali datang ke Indonesia dan peraturan kuncitara diberlakukan. Langit ibukota kembali membiru dan udaranya ramah untuk dihirup. Namun, keadaan itu tidak berlangsung lama, terutama ketika kuncitara mulai dilonggarkan.

Sayangnya, polusi udara tidak selalu berasal dari kota itu sendiri. Jakarta digempur dari berbagai arah di sekitarnya yang dikirim lewat udara, menurut laporan Centre for Research on Energy and Clean Air (CREA) tahun 2020.

Emisi pencemar udara di sekitar Jakarta tercatat paling banyak berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Banten. Ketiga provinsi itu paling banyak menghasilkan emisi seperti nitrogen oksida, PM2.5, dan sulfur dioksida,yang bisa sampai ke Jakarta lewat arah angin pada waktu-waktu tertentu.

Akademisi ilmu lingkungan di Universitas Indonesia Mahawan Karuniasa berpendapat, masuk akal jika polusi udara bisa terbawa angin. Akan tetapi, hubungan antara polusi udara dan angin korelasinya tidak signifikan untuk menjelaskan jarak sumber dan konsentrasinya.

Kadar polusi yang dihasilkan oleh beberapa daerah sekitar Jakarta. Menurut studi dari Centre for Research on Energy and Clean Air (CREA), polusi tersebut bisa mencemari udara Jakarta berkat arah tiupan angin. (Afkar Aristoteles Mukhaer/National Geographic Indonesia)

“[Penelitian] Ini kan lintas batas—sejauh mana—sehingga tidak bisa mengatakan [polusi] yang ada di Bekasi ke barat dan Banten ke timur,” jelasnya.

“Tetapi kalau dalam konteks internal DKI yang berimplikasi pada konsentrasi yang tinggi, bisa jadi, misalkan, arah angin mengarah ke tempat tertentu sehingga tempat itu lebih tinggi dari tempat lainnya.”

Jika penelitian tersebut benar, tentunya sangat mungkin bahwa polusi udara dari Jakarta bisa juga terbang mencemari dara kota-kota di sekitarnya, tambah Mahawan.