Sejarah Menara Pisa: Kondisinya yang Miring Membuatnya Makin Terkenal

By Wawan Setiawan, Minggu, 10 September 2023 | 16:00 WIB
Sejarah Menara Miring Pisa, atau lebih dikenal dengan Menara Pisa, adalah sebuah menara lonceng gereja katedral di kota Pisa, Italia yang proses pembangunannya tertunda karena perang dan kondisi tanah yang membuatnya miring. (Unsplash/Andrea Cevanini)

Nationalgeographic.co.id—Tahukah Anda fakta menarik soal kemiringan Manara Pisa? Menara yang satu ini bukan sengaja dibuat miring oleh arsiteknya, melainkan dikarenakan adanya tanah yang melunak di bagian pondasinya.

Tanah yang melunak ini membuat menara amblas sebelah dan mengakibatkan kemiringan. Namun justru berkat kemiringan inilah Menara Pisa menjadi terkenal dalam sejarah Italia sebagai Menara Miring Pisa.

Pembangunan Menara Miring Pisa dimulai pada tahun 1173 sebagai struktur ketiga dan terakhir dari kompleks katedral kota Pisa. Secara khusus, dibangun untuk berfungsi sebagai menara lonceng.

Dikarenakan kondisi saat itu sedang gencarnya perang, maka proses pembangunan menara ini memakan waktu yang sangat lama, hingga 200 tahun lamanya dan selesai dibangun pada tahun 1372.

Lalu, siapakah sebenarnya arsitek dari Menara Miring Pisa yang kini menjadi ikon bagi Italia ini?

Selama bertahun-tahun arsitek Gherardo di Gherardo dan Giovani di Simone diyakini berada di balik pembangunan monumen tersebut. Namun, sebuah penelitian arkeologi telah menemukan satu nama lagi yang terukir di sebuah batu bertuliskan nama Bonanno dalam bahasa Latin. Batu tersebut tertanam di dasar menara dan ditemukan selama penggalian tahun 1838.

Diyakini oleh para peneliti bahwa pria yang bernama Bonanno Pisano, yang terukir pada batu tersebut, sekian lama masih menjadi misteri karena malu dengan kemiringan hasil ciptaannya.

“Orang malang itu meninggal dalam keadaan tertipu, tanpa menyadari betapa menakjubkannya hal itu berabad-abad kemudian,” kata Profesor Ammannati, pakar paleografi (studi tentang tulisan kuno) di Scuola Normale Superiore di Pisa, kepada Times of London.

Pemandangan panorama (dari kiri ke kanan) menara lonceng Menara Miring Pisa, Katedral Pisa, dan Tempat Pembaptisan Pisa di Piazza dei Miracoli. (Arne Müseler via Wikipedia)

Dipercayai bahwa Bonanno begitu putus asa dengan kegagalan karya besarnya sehingga ia menghilang dalam ketidakjelasan.

Awal mula pembangunan menara ini sukses berdiri tegak selama lebih dari 5 tahun. Namun ketika lantai ketiga selesai dibangun pada tahun 1178, menara tersebut mulai miring. Warga Italia terkejut dengan kejadian tersebut, karena menara mulai sedikit miring dan mereka khawatir menara akan ambruk.

Kondisi miring ini sebenarnya diakibatkan oleh campuran tanah liat yang padat yang tidak cukup kuat untuk menahan menara agar tetap tegak. Pekerjaan konstruksi pun terhenti karena hal ini. Kegiatan juga ditunda dan difokuskan ke perang yang terjadi saat itu.