Griffin dalam Mitologi Yunani Ternyata Terinspirasi dari Kisah Nyata

By Ricky Jenihansen, Rabu, 13 September 2023 | 07:00 WIB
Penggambaran griffin dalam mitologi Yunani diyakini berasal dari kisah nyata penemuan fosil. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id - Mitologi Yunani penuh dengan binatang dan monster yang luar biasa. Griffin adalah salah satu contoh hewan mitologi terkenal dari Yunani kuno.

Griffin bertubuh singa tetapi kepala dan sayap elang. Jelas sekali makhluk ini tidak benar-benar ada dan tidak masuk akal.

Namun, sebenarnya ada berbagai contoh makhluk mitos yang terinspirasi dari kenyataan. Dan dalam kasus griffin, kemungkinan besar asal usulnya ada hubungannya dengan kisah nyata penemuan fosil dinosaurus.

Seperti yang dikisahkan dalam mitologi Yunani tentang griffin, Herodotus adalah salah satu penulis Yunani Kuno paling awal yang menyebutkan griffin.

Kisahnya datang dari Aristeas, seorang musafir Yunani yang melakukan perjalanan jauh ke timur Yunani. Aristeas belajar banyak cerita dari Issedones, masyarakat Asia Tengah.

Menurut Aristeas, griffin tinggal di wilayah umum ini. Dia menjelaskan bahwa mereka menjaga emas. Herodotus bukan satu-satunya yang memanfaatkan informasi Aristeas.

Penulis abad kelima SM lainnya, penyair Aeschylus, juga menulis tentang griffin. Dia menjelaskan bahwa suku bernama Arimaspi akan mencuri emas para griffin dan griffin akan mengejar mereka.

Detail yang menarik adalah bahwa Aeschylus secara kiasan menyebut griffin sebagai ’anjing’. Hal ini menunjukkan bahwa mereka awalnya dipandang sebagai makhluk yang tidak bisa terbang dan tidak bersayap.

Apollonius dari Tyana, dari abad pertama M, secara eksplisit menggambarkan griffin sebagai makhluk yang tidak bersayap.

Di mana griffin itu tinggal? 

Jelas bahwa griffin diduga adalah hewan dari Asia Tengah dan benar-benar bersumber dari kisah nyata. Namun lokasi pastinya masih belum jelas.

Herodotus dengan jelas menempatkannya jauh di sebelah timur dan utara Yunani, di luar negeri orang Scythians, tetapi mustahil untuk memastikannya secara tepat.