Kekuatan Topi Pelindung Kepala Dewa Hades dalam Mitologi Yunani

By Sysilia Tanhati, Senin, 18 September 2023 | 15:36 WIB
Dalam mitologi Yunani, dewa Dunia Bawah Hades dikisahkan memiliki topi pelindung kepala yang legendaris. Ketika mengenakannya, ia tidak akan terlihat oleh orang lain. (Antonio Canova/Vatican Museum)

Nationalgeographic.co.id—Dalam mitologi Yunani, para dewa dewi memiliki simbol dan senjata masing-masing. Misalnya Zeus terkenal dengan petirnya dan Poseidon dengan trisula legendarisnya. Hades, saudara Zeus dan Hades, juga memiliki senjata andalannya. Senjata itu adalah topi pelindung kepala yang bisa membuat penggunanya tidak terlihat oleh dewa atau manusia fana lainnya.

Konon, topi pelindung kepala milik Hades ini merupakan salah satu benda terpenting dalam mitologi Yunani. Bagaimana Hades mendapatkan topi pelindung kepala tersebut?

Asal-usul topi pelindung kepala milik Hades, dewa Dunia Bawah dalam mitologi Yunani

Alasan mengapa Hades memiliki topi pelindung kepalanya berasal dari mitos Yunani paling awal. Bibliotheca menyatakan bahwa Hades memperoleh topi pelindung kepala tersebut sehingga ia dapat bertarung dengan sukses di Titanomachy. Titanomachy adalah perang besar yang terjadi antara berbagai kelompok dewa dan dewi Yunani.

Ketiga bersaudara Zeus, Poseidon, dan Hades mendapatkan senjatanya sendiri dari seorang pandai besi kuno. "Pandai besi tersebut merupakan bagian dari ras raksasa bernama Cyclops," tulis Maup van de Kerkhof di laman History Cooperative.

Hades, penjaga dunia bawah Yunani kuno. (Public domain)

Zeus mendapat petir, Poseidon mendapat trisula, dan Hades mendapat topi pelindung kepala yang bisa membuatnya tidak terlihat. Senjata tersebut diberikan sebagai hadiah dari raksasa bermata satu setelah ketiga bersaudara tersebut membebaskan makhluk tersebut dari Tartarus.

Semua senjata itu dibuat dengan hati-hati dan sedemikian rupa sehingga hanya bisa dipegang oleh para dewa. Zeus, Poseidon, dan Hades bersedia menerima senjata itu karena bisa digunakan untuk melawan para Titan.

“Dengan senjata tersebut, mereka mampu menangkap Cronus yang agung serta Titan lainnya,” tambah Kerkhof. Akhirnya, mereka bisa memenangkan pertempuran dan menjadi dewa yang berkuasa di Olympus.

Kekuatan topi pelindung kepala milik Hades

Beberapa nama muncul ketika membicarakan topi pelindung kepala milik Hades. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah topi ajaib, topi pelindung kepala kegelapan, atau topi pelindung kepala Hades.

Topi pelindung kepala Hades memiliki kemampuan untuk membuat siapa pun yang memakainya menjadi tidak terlihat. Sehingga, topi ini bisa menjadi senjata ampuh saat melawan musuh dalam pertempuran.