Pedang Koin dari Kekaisaran Tiongkok yang Bisa Menangkal Roh Jahat

By Sysilia Tanhati, Selasa, 19 September 2023 | 14:00 WIB
Salah satu penemuan paling menarik dari Kekaisaran Tiongkok adalah pedang koin. Pedang ini digunakan sebagai jimat yang bisa menangkal roh jahat. (Donald Trung/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Salah satu penemuan paling menarik dari Kekaisaran Tiongkok adalah pedang koin. Pedang koin adalah jenis jimat fengsui kuno yang telah ada sejak Dinasti Qing Kekaisaran Tiongkok. Pedang unik ini, meskipun besar dan rumit, tidak digunakan dalam pertarungan fisik dengan orang lain. Sebaliknya, pedang koin dari Kekaisaran Tiongkok itu digunakan untuk mengusir roh jahat.

Pedang koin dari Kekaisaran Tiongkok

Tidak sepenuhnya jelas kapan pedang koin pertama dibuat. Namun legenda menyatakan bahwa pedang koin pertama dibuat antara abad ke-26 dan ke-24 Sebelum Masehi. Dipercaya bahwa pedang ini diciptakan pada masa pemerintahan Kaisar Kuning, salah satu kaisar mitologi Tiongkok kuno.

Sekitar abad ke-7 Sebelum Masehi, pedang koin yang menakjubkan ini dipercaya dapat digunakan untuk melawan roh jahat. Namun informasi tersebut belum tersebar luas dan hanya digunakan di komunitas kecil di Kekaisaran Tiongkok.

“Pedang ini menjadi lebih populer satu milenium kemudian, pada masa Dinasti Liu Song,” tulis Lex Leigh di laman Ancient Origins. Pada titik ini, pedang koin digunakan secara teratur dalam ritual keagamaan.

Penganut Tao paling sering menggunakan pedang ini dalam ritualnya. Mereka percaya sepenuhnya bahwa pedang ini adalah kunci untuk mengusir roh jahat. Konon, masyarakat percaya bahwa Zhong Kui menggunakan pedang ini untuk melawan setan dan entitas jahat lainnya. Ia adalah dewa pembasmi setan dalam mitologi Tiongkok.

Para penganut Tao diajari cara membuat pedang koin ini untuk melindungi diri dan orang yang mereka cintai dari roh jahat. Belakangan, pedang terkadang memiliki elemen tambahan, seperti ukiran astrologi. “Elemen tersebut dipercaya bisa memberi lebih banyak kekuatan spiritual,” Leigh menambahkan.

Dalam mitologi Tiongkok, Zhong Kui adalah pemburu setan dan kadang-kadang disebut raja hantu. Ia menjadi pahlawan rakyat Tiongkok yang populer sejak zaman Dinasti Tang . (Lu Xue/British Museum)

Ritual Tao masih menggunakan pedang koin Tiongkok secara teratur dalam praktiknya. Dalam beberapa ritual, pendeta Tao akan melilitkan kain merah di sekitar gagang pedang untuk mengeluarkan kekuatan spiritual.

Di rumah, pedang uang asli dan replika dapat digantung di rumah di atas tempat tidur, pintu, atau jendela untuk mengusir kejahatan. Roh jahat yang melihat pedang koin di dalam gedung tidak akan masuk. Orang percaya jika roh jahat takut Zhong Kui akan menggunakan pedang koin untuk menghancurkan mereka.

Penganut Tao percaya bahwa pedang paling kuat adalah yang dibuat dari koin dari masa Dinasti Qing. Beberapa koin ini bertuliskan nama Kaisar Kangxi Tongbao. Kaisar ini memerintah selama seluruh siklus kalender Tiongkok (60 tahun). Pedang koin yang diproduksi dengan namanya dianggap lebih kuat karena kaitannya dengan umur panjang.

Apa yang membuat pedang koin dari Kekaisaran Tiongkok itu menjadi pembasmi roh jahat yang kuat?