Mitologi Yunani: Ketika Persephone Diculik oleh Dewa Dunia Bawah Hades

By Sysilia Tanhati, Rabu, 20 September 2023 | 19:00 WIB
Kisah penculikan Persephone oleh Hades merupakan kisah yang penting dalam mitologi Yunani. Kisah ini melibatkan sejumlah dewa Olympus termasuk Zeus, Demeter dan Hades. (Walter Crane)

Nationalgeographic.co.id—Kisah penculikan Persephone oleh Hades merupakan kisah yang penting dalam mitologi Yunani. Kisah ini melibatkan sejumlah dewa Olympus termasuk Zeus, Demeter dan Hades.

Inti dari kisah penculikan Persephone oleh Hades ini adalah perseteruan yang sedang berlangsung antara Zeus dan Hades. Apa kaitannya Zeus dengan penculikan Persephone ini?

“Dalam mitologi Yunani, Hades dikisahkan menginginkan seorang istri untuk mendampinginya di Dunia Bawah,” tulis Andy Watkins di laman Mythnerd. Suatu hari ia melihat Persephone yang cantik. Hades pun meminta izin kepada saudaranya, Zeus, untuk memperistri Persephone. Zeus adalah ayah Persephone.

Zeus menyetujuinya tetapi dia mengatakan bahwa ibunya, Demeter, tidak akan setuju dan membiarkan putrinya dibawa ke Dunia Bawah. Hades menyusun rencana. Suatu hari ketika Persephone keluar memetik bunga, tanah terbuka dan tiba-tiba Hades muncul dari dalam tanah.

Dewa Dunia Bawah mitologi Yunani itu menculik Persephone. Ia membawanya kembali ke alam bawah tanahnya. Akibat penculikan itu, Demeter menyebabkan kelaparan besar di seluruh negeri. Konon, bencana kelaparan tersebut hanya terselesaikan ketika Zeus menegosiasikan pembebasan Persephone untuk sebagian waktu setiap tahun.

“Kisah penculikan dan kelaparan ini menarik sekaligus kuat,” ungkap Watkins. Kisah ini menunjukkan sisi jahat dan menipu beberapa dewa utama. Hal ini juga menunjukkan sifat tidak adil dari dunia Yunani kuno.

Hades menculik Persephone untuk dijadikan istrinya

Hades adalah dewa yang suram dalam mitologi Yunani. Ia senang menghabiskan hari-harinya di Dunia Bawah mengawasi semua jiwa mati yang datang dari bumi. Namun dia kesepian tanpa seorang pendamping.

Suatu hari, pada salah satu kunjungannya yang jarang untuk melihat saudaranya Zeus, dia melihat Persephone. Dia adalah putri Zeus dan dewi musim semi yang cantik.

Persephone dengan Hades. ( Fabien Bièvre-Perrin - CC BY-SA 4.0)

Hades bertanya kepada saudaranya apakah dia bisa membawa Persephone kembali bersamanya ke Dunia Bawah sebagai istrinya. Zeus tidak mendukung atau menentang gagasan tersebut. Namun ia mengatakan kepada Hades bahwa Persephone adalah putri Demeter, dewi panen. Menurut Zeus, Persephone tidak akan pernah setuju Hades mengambil putrinya untuk dijadikan istrinya.

Hades kembali ke Dunia Bawah, tapi dia belum menyerah dan membuat rencana untuk membawa sang dewi musim semi itu.