Menelisik Tiga Aspek Kerentanan Mata Pencarian Pesisir di Indonesia

By Utomo Priyambodo, Jumat, 22 September 2023 | 12:00 WIB
Penghidupan atau mata pencarian pesisir di Indonesia memiliki tiga aspek kerentanan. Bagaimana mitigasi yang diupayakan lewat kebijakan pemerintah Indonesia? (UNEP/Nathanial Brown)

Nationalgeographic.co.id—Mayoritas penduduk dunia, termasuk penududuk Indonesia, hidup di wilayah pesisir dan memperoleh berbagai manfaat dari fungsi, barang, dan jasa yang disediakan oleh ekosistem laut. Mata pencarian masyarakat pesisir sangat terkait dengan kesehatan ekosistem pesisir dan laut yang menjadi sandaran sebagian besar masyarakat tersebut.

Secara global, sektor perikanan menyediakan sekitar 170 juta lapangan kerja, dan lebih dari 1,5 miliar orang bergantung pada sumber daya laut untuk asupan protein mereka, menurut sebuah makalah studi yang tebit di jurnal Marine Policy pada 2014.

Perikanan skala kecil atau perikanan tradisional memperkerjakan sebagian besar nelayan dunia. Dari nelayan skala kecil, lebih dari seperempatnya menangkap ikan di terumbu karang, dan setengah dari seluruh nelayan terumbu karang ditemukan di Asia Tenggara.

Namun, ekosistem laut di banyak wilayah di dunia menunjukkan tanda-tanda degradasi yang mengkhawatirkan. Meningkatnya permintaan terhadap sumber daya pesisir dan laut, terutama di daerah tropis, telah menyebabkan kerusakan lingkungan laut yang luas dan terkadang tidak dapat diperbaiki, sekaligus membahayakan penghidupan.

Situasi ini sangat parah di Asia Tenggara, dengan lebih dari 90% terumbu karangnya terancam oleh ancaman lokal. Jumlah stok ikan laut menipis menjadi sekitar sepertiganya.

Dalam laporan tahun 2008 ‘The Sunken Billions’, total kerugian ekonomi yang disebabkan oleh penurunan stok ikan global diperkirakan mencapai sekitar dua triliun dolar selama 3 dekade terakhir. Hilangnya fungsi, barang dan jasa yang disediakan ekosistem laut merupakan hambatan besar dalam mencapai tujuan pembangunan.

Makalah studi bertajuk "Coastal livelihood vulnerability to marine resource degradation: A review of the Indonesian national coastal and marine policy framework" secara spesifik membahas tiga aspek kerentanan mata pencarian pesisir di Indonesia. Ketiganya adalah paparan, sensitivitas, dan kapasitas adaptif.

Secara lebih lanjut para peneliti gabungan dari Jerman dan Indonesia dalam studi tersebut mengulas kebijakan-kebijakan pemerintah Indonesia dalam memitigasi kerentanan tersebut.

"Temuan-temuan yang ada menunjukkan bahwa lingkungan kebijakan untuk mengatasi kerentanan penghidupan pesisir sangat didasarkan pada pengembangan kapasitas adaptif dan sensitivitas sampai batas tertentu tanpa mengatasi paparan yang merupakan penyebab awal kerentanan secara memadai," tulis para peneliti.

"Selain itu, kompleksitas dan inkonsistensi dalam struktur pemerintahan Indonesia, serta permasalahan umum mengenai kesenjangan pendanaan dan koordinasi yang buruk, menyebabkan kebijakan yang dibuat di tingkat nasional jarang memberikan manfaat yang diharapkan bagi masyarakat pesisir."

Para peneliti menyimpulkan bahwa terdapat kurangnya kohesi dan keseimbangan dalam strategi untuk mengatasi tiga pilar kerentanan. Oleh karena itu mereka kemudian menyarankan agar para praktisi dan pembuat kebijakan menggunakan pendekatan yang lebih kohesif dan seimbang dalam mengatasi kerentanan mata pencaharian dalam pengelolaan wilayah pesisir.

Pendekatan yang dimaksud diharapakan "lebih berfokus pada penyebab penyakit, paparan penyakit, dibandingkan hanya menyembuhkan gejalanya saja."