Menelusuri Asal-usul Nama Kota Tertua Athena dalam Mitologi Yunani

By Ricky Jenihansen, Kamis, 21 September 2023 | 16:55 WIB
Nama kota kuno Athena berasal jauh dari dalam mitologi Yunani. (Wikimedia Commons/ Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Kota Athena adalah salah satu kota tertua di dunia, nama kota tersebut diyakini berasal jauh dari dalam mitologi Yunani. Kisah tentang bagaimana Athena mendapatkan namanya saat ini adalah mitos dasar Yunani.

Tanpa diketahui banyak orang, kota ini sebenarnya memiliki beberapa nama sepanjang 3.400 tahun sejarahnya.

Nama awal Athena adalah “Pantai” atau “Aktiki”, dan diambil dari raja pertama negeri itu, Raja Aktaio. Setelah itu, seiring dengan berkembangnya kota tersebut, penerus Aktaio, Raja Cecrops, menamai kota tersebut dengan namanya sendiri.

Mitologi Yunani mengungkapkan bahwa para Dewa Olympus memandangi kota Cecrops yang indah dan makmur. Para Dewa Olympus kemudian memutuskan untuk menjadikannya milik mereka.

Hal itu yang nantinya menyebabkan nama Athena diubah untuk terakhir kalinya. Nama yang diberikan para Dewa Olympus kemudian menjadi nama yang digunakan hingga saat ini.

Duel antar dewa demi nama Kota AthenaSebagaimana dicatat dalam sejarah, kota Athena merupakan kota kuno dengan kekuatan yang dahsyat. Kota Athena memainkan peran penting dalam mengembangkan dan memajukan peradaban Yunani kuno.

Di zaman modern, sisa-sisa para Dewa Olympus dan kemuliaan mereka dari zaman kuno tersebar di seluruh kota. Ada banyak peninggalan menunjukan kemuliaan tersebut.

Ada sejarah yang kaya dan mistis di seluruh Kota Athena. Dan cara nama ibu kota Yunani didapatkan tidak terkecuali.

Ceritanya dimulai dengan duel antara dewa-dewa kuno Olympus. Mereka bertarung untuk menentukan siapa yang akan memberi nama kota itu dan menjadi pelindungnya.

Dikisahkan dalam mitologi Yunani, dewa laut Poseidon, dan dewi kebijaksanaan Athena, berhasil mencapai babak final. Mereka siap bertarung habis-habisan dalam duel untuk merebut kota tersebut.

Zeus kemudian turun tangan untuk menghindari akibat kekerasan. Untuk menghindari dampak yang sangat parah dari pertarungan kedua Dewa Olympus tersebut.

Zeus menyatakan bahwa kedua dewa tersebut harus memberikan hadiah kepada raja kota, yaitu Raja Cecrops. Raja Cecrops merupakan makhluk setengah manusia, setengah ular.