Bagaimana Peradaban Minoa Muncul dan Dikisahkan dalam Mitologi Yunani?

By Ricky Jenihansen, Senin, 25 September 2023 | 08:00 WIB
Peradaban Minoa dikisahkan beberapa kali dalam mitologi Yunani. (ICSO)

Nationalgeographic.co.idPeradaban Minoa adalah sebuah peradaban di Pulau Kreta yang berada di dekat daratan Yunani. Peradaban Minoa dikisahkan beberapa kali dalam mitologi Yunani dan meninggalkan jejaknya ingatan budaya Yunani.

Peradaban Minoa adalah salah satu peradaban yang paling menonjol di Zaman Perunggu. Masa itu juga merupakan era orang-orang Yunani pertama kali muncul sebagai bangsa yang berbeda.

Tidak mengherankan jika peradaban penting pada awal sejarah Yunani ini beririsan langsung dengan budaya Yunani. Bahkan masuk dan dikisahkan beberapa kali dalam mitologi Yunani.

Siapakah bangsa Minoa?

Bangsa Minoa adalah bangsa yang hidup pada Zaman Perunggu di Laut Aegea. Mereka berkembang sekitar tahun 2000 hingga 1450 SM, meskipun peradaban mereka terus tertatih-tatih hingga sekitar tahun 1100 SM.

Permukiman utama mereka berada di Kreta, namun mereka juga menyebar ke beberapa pulau terdekat. Thera, juga dikenal sebagai Santorini, adalah salah satu contohnya.

Mereka juga mungkin telah mendirikan beberapa koloni di Anatolia dan Levant, meskipun hal ini lebih kontroversial. Bagaimanapun, mereka menguasai kerajaan perdagangan besar dan cukup kaya.

Namun, pada abad ke-16 SM, pulau vulkanik Thera meletus dan memusnahkan pemukiman Minoa di daerah tersebut.

Pada abad berikutnya, bangsa Yunani Mycenaean menaklukkan Kreta, mengakhiri dominasi Minoa.

Raja Minos dari Mitologi Yunani

Salah satu karakter populer dari mitologi Yunani adalah Raja Minos. Dia adalah raja Bangsa Minoa.

Faktanya, nama 'Minoa' diterapkan pada peradaban Zaman Perunggu ini oleh sejarawan modern karena nama raja legendaris mereka.